13 Khasiat Air Beras: Untuk Kesehatan, Kulit Wajah, dll

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Umumnya air beras akan dibuang (tidak dimanfaatkan). Padahal di dalam air beras terkandung oryzanol yang bisa dimanfaatkan untuk perawatan kulit, seperti mengatasi masalah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari (ultraviolet).

Air beras ini bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi masalah kulit, rambut, wajah, dan bahkan berkhasiat untuk kesehatan.

Beras yang sudah sangat umum dijadikan bahan untuk membuat nasi, pada air beras memiliki banyak kandungan seperti mineral, vitamin, asam amino, dan antioksidan.

Selain itu beras memiliki kandungan gula, yang menjadikan air beras yang telah dimasak akan terdapat kandungan karbohidrat (yang sering disebut dengan air tajin).

Air Beras

Air Beras | Photo copyright: sinarsehat.com

Manfaat Air Beras

1. Memudarkan Bekas Jerawat
Anda bisa memanfaatkan air beras ini untuk menghilangkan bekas jerawat. Bahkan bukan cuma bisa memudarkan jerawat yang tampak di wajah, tetapi juga bisa menghilangkan flek hitam secara perlahan.

Walaupun pemanfaatan air beras ini untuk menghilangkan bekas jerawat maupun flek hitam akan membutuhkan waktu untuk prosesnya. Namun hasilnya akan cukup baik dan juga tidak ada efek samping yang ditimbulkan, sehingga tidak perlu khawatir.

Cara pemanfaatannya:

  1. Pertama-tama sediakan air cucian beras yang telah bersih, maksudnya itu adalah air cucian beras terakhir (sebelum beras akhirnya ditanak untuk menjadi nasi).
  2. Kemudian Anda endapkan air cucian itu dalam waktu beberapa jam, hingga bagian yang seperti tepung menumpuk di bawah.
  3. Kemudian Anda tinggal pisahkan air dari tepung beras tersebut.
  4. Ambilah tepungnya tersebut yang masih basah.
  5. Lalu Anda balurkan tepung beras tersebut pada wajah secara merata, terutama pastikan mengenai bagian wajah yang terdapat flek atau bekas jerawat.

Nah, Anda perlu melakukan hal ini setiap minggu, kalau bisa lakukan sebanyak dua kali dalam seminggu, hingga akhirnya bekas jerawat ataupun noda hitam pada wajah bisa pudar dan hilang sepenuhnya.

Daripada datang ke dokter kulit atau semacamnya, maka cobalah dahulu bentuk perawatan alami ini guna menghilangkan jerawat maupun flek hitam.

2. Sebagai Toner kulit
Anda bisa memanfaatkan air cucian beras sebagai toner bagi kulit Anda. Caranya hanya dengan merendam kapas di air bekas cucian beras, yang kemudian kapas tersebut digunakan untuk mengelap kulit Anda.

Mafaat dari melakukan Ini adalah untuk untuk menghapus kotoran-kotoran yang terdapat di kulit wajah. Lakukan secara rutin perawatan ini supaya kulit Anda bisa lebih lembut dan tampak selalu segar.

3. Memutihkan Kulit Wajah
Apabila tampaknya kulit wajah kita kurang cerah, maka cobalah cara alami ini, jangan terburu-buru untuk selalu menggunakan produk yang barisi bahan kimiawi. Air beras bisa bermanfaat untuk kesehatan dan keindahan wajah Anda.

Di dalam beras terkandung zat yang bekerja sebagai pemutih kulit alami. Dan penggunannya tanpa efek samping, berbeda dengan produk body lotion yang harganya cukup mahal serta bisa memberikan efek samping jika tidak cocok dengan kulit.

Untuk pemanfaatannya sangat mudah, Anda tinggal cuci beras dengan air di dalam sebuah wadah. Lalu saring beras dan cuci kembali dengan air yang baru. Demikian seterusnya hingga beberapa kali sampai air yang dperoleh benar-benar bersih.

Pada air cuci beras yang terakhir ini, yang nantinya akan Anda manfaatkan, simpan air tersebut di dalam sebuah botol, lalu diamkan semalaman, hal ini agar semua tepung beras mengendap di bagian bawah.

Nah, nantinya gunakan endapan tersebut sebagai scrub bagi wajah. Setelah selesai mengaplikasikan endapan air beras tersebut pada wajah, maka diamkan beberapa menit.

Lalu bilas wajah yang kali ini dengan menggunakan air beras. Setelah itu sebagai finishing, maka bersihkan wajah dengan menggunakan air bersih.

Agar bisa memutihkan kulit wajah, maka lakukan perwatan ini dua kali dalam seminggu. Manfaat yang akan diperoleh yaitu kulit wajah bisa lebih cerah, halus dan lembut.

Hal ini dirasakan ketika Anda mencuci beras, dimana tangan nantinya terasa lebih halus. Nah, walaupun air beras ini sering dianggap limbah, namun manfaatnya bagi kulit wajah cukup signifikan. Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk melakukan perawatan ini.

4. Menghindari Masalah Kelebihan Minyak Di Permukaan Kulit Wajah
Munculnya jerawat juga seringkali karena minyak berlebih yang “mengumpul” di kulit wajah. Untuk mengatasinya, Anda bisa memanfaatkan air beras ini, agar nantinya mencegah munculnya jerawat, dan juga bisa untuk membantu menghilangkan noda hitam bekas jerawat.

Adapun caranya maka Anda tinggal menyisihkan air beras yang sudah bersih (cucian terakhir).

Sebelum melakukan perawatan menggunakan air beras, Anda perlu mencuci wajah terlebih dahulu menggunakan sabun pembersih wajah.

Setelah itu, barulah mencuci kembali wajah menggunakan air beras tersebut.

Dengan melakukan ini bermanfaat agar minyak berlebih di wajah bisa berkurang. Hal ini juga lama-kelamaan akan menjadikan wajah lebih cerah, dan Anda terhindar dari masalah jerawat.

Lakukan perawatan ini setidaknya dua kali dalam seminggu.

5. Mengecilkan Pori-Pori Kulit Wajah
Masalah pori-pori pada kulit wajah ini mengakibatkan wajah mudah berminyak serta berkomedo, juga pori-pori kulit yang membesar dapat menyebabkan kulit menjadi lebih kasar.

Anda hanya perlu mencelupkan bola kapas ke dalam air beras, lalu mengaplikasikannya pada wajah sembari memberikan pijatan lembut. Melakukan hal ini bisa membantu mengencangkan pori-pori kulit wajah.

6. Sebagai Masker Wajah
Nah, Air bekas cucian beras ini dapat juga Anda jadikan sebagai masker wajah, yang akan memberikan manfaat besar bagi kulit wajah.

Ambilah ‘paper napkin’ lalu potong di beberapa bagian agar berbentuk seperti masker wajah.

Setelah itu tuangkan air beras pada sebuah wadah (misalnya mangkuk), lalu Anda rendam kertas masker tersebut di dalamnya.

Mungkin akan membutuhkan waktu selama 15 menit hingga menjadi masker wajah yang siap digunakan, tinggal Anda tunggu karena tidak terlalu lama.

Lalu Anda angkat dan keringkan sedikit airnya agar tidak terlalu basah (bisa dengan cara diperas).

Lalu tempelkan pelan-pelan masker alami tersebut ke wajah Anda. Setelah menempelkan maka diamkan selama 15 menit.

Anda akan merasakan kesegaran di wajah setelah melakukan perawatan ini, disamping juga ada manfaat-manfaat lainnnya yang akan diperoleh.

7. Mencegah dan Mengurangi Munculnya Kerutan
Kerutan di wajah umum dikeluhkan oleh mereka yang dalam usia dewasa, dimana kerutan dini muncul dengan sendirinya, yang bisa membuat banyak orang merasa tidak percaya diri.

Legenda tentang kemanjuran air beras untuk meremajakan kulit sering disebut orang-orang, sehingga Anda patut untuk mencobanya. Untuk penggunaannya, bisa dengan cara sederhana yaitu mencelupkan kapas ke dalam air beras, lalu ditempelkan ke kulit wajah.

8. Melembutkan Kulit Wajah dan Tubuh Secara Umum
Banyak para wanita di Asia telah membuktikan bahwa air beras mampu menjadikan kulit wajah lebih lembut, cerah dan sehat. Pada air beras yang digunkan terdapat vitamin E yang bermanfaat bagi kulit, untuk menjadikan kulit lebih cerah dan putih.

9. Mencegah Rambut Rontok
Rambut yang mudah rontok menjadi masalah yang sangat mengganggu bagi sebagian orang, yang suka menurunkan rasa percaya diri, serta akibat rambut yang lebih tipis.

Terjadinya masalah rambut mudah rontok akibat kulit kepala yang kekeringan sehingga kekuatan akar rambut yang melemah.

Dengan memanfaatkan air beras ini yang diaplikasikan secara langsung pada kulit kepala, maka bisa bermanfaat untuk memperkuat akar rambut, guna mencegah ataupun mengurangi masalah rambut rontok.

10. Mengatasi Masalah Rambut yang Kering dan Rusak
Kandungan mineral dan lainnya yang ada pada air beras memberikan manfaat penting untuk mengatasi masalah rambut kering dan rusak.

Kerusakan rambut bisa terjadi akibat penggunaan produk perawatan yang terdapat kandungan zat kimia kurang baik untuk rambut Anda, atau zat kimia tersebut tidak cocok dengan rambut Anda.

Dengan memanfaatkan air beras ini yang super murah, memberikan kegunaan untuk mengoptimalkan proses regenerasi rambut yang rusak, serta menjaga kelembapan rambut agar tetap sehat.

11. Memiliki Fungsi Antioksidan yang Penting Bagi Tubuh
Kandungan di dalam air beras memiliki fungsi sebagai antioksidan, guna melindungi tubuh dari polusi dan radikal bebas akibat paparan sinar matahari langsung (ultraviolet).

Fungsi antioksidan sangat penting untuk menjaga tubuh dalam melawan serangan zat berbahaya. Radikal bebas merupakan zat super berbahaya bagi tubuh, yang bahkan bisa menyebabkan resiko penyakit kanker.

Radikal bebas menyerang berbagai molekul di dalam tubuh, seperti lipid, protein, dan asam nukleat sebagai target utama. Yang dampaknya bisa mengakibatkan terjadinya kerusakan sel, protein, dan DNA, dan merusak keseimbangan di dalam tubuh.

Serangan radikal bebas selain dari akibat tubuh terkena paparan sinar matahari langsung dalam waktu lama, juga bisa karena polusi udara, asap rokok, asap kendaraan, bahan kimia industri, hingga dari makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Antioksidan berfungsi mencegah radikal bebas, dengan mencegah kerusakan sel oleh radikal bebas. Dengan adanya antioksidan maka jumlah radikal bebas di dalam tubuh tetap terkontrol dengan baik.

12. Wanita Jepang Berbagi Rahasia Cantik dengan Air Cucian Beras
Di Jepang, air cucian beras disebut dengan togijiru. Air togijiru ini memiliki banyak kegunaan bagi orang Jepang, bahkan juga digunakan untuk tanaman di kebun.

Salah satu kegunaan yang populer air beras bagi orang Jepang adalah untuk keperluan perawatan kulit. Orang Jepang sering memakai air beras sebagai bahan kosmetik alami dan untuk perawatan kulit.

Dengan membasuh wajah menggunakan air beras, memberikan manfaat untuk mencerahkan kulit wajah, mengangkat sel kulit mati agar wajah lebih halus, dan membuat wajah lebih lembab karena air beras bisa berfungsi sebgai moisturizer alami.

Selain untuk membasuh wajah, orang Jepang juga sering menggunakannya untuk berendam. Tujuannya adalah untuk proses merevitalisasi agar kulit menjadi sehat, bersih dan indah. Dimana di dalam air beras terkandung vitamin B1, B2 dan berbagai nutrisi lainnya.

Orang Jepang suka memanfaatkan air beras ini agar kulit bisa indah secara alami, terawat, serta membuat wajah lebih segar dan halus.

13. Air Tajin Bagi Kesehatan Tubuh

Air Tajin

Air Tajin | Copyright by sinarsehat.com

Adapun air tajin merupakan air yang didapatkan dari rebusan beras, yang warnanya putih seperti susu, bisa diminum, dan mempunyai nutrisi cukup banyak. Bahlan banyak orang tua yang memberika tajin untuk pada anaknya, bahkan bayi.

Air tajin bisa dibuat dari beras merah ataupun beras putih. Air tajin dibuat dari rebusan beras yang sudah setengah matang.

Dimana air tajin perlu diambil segera saat beras sudah setengah matang (untuk menjadi nasi) pada rebusan pertama. Dahulu, pembuatan air tajin dilakukan saat menanak nasi secara konvensional (memakai kompor).

Minum air tajin bermanfaat untuk meningkatkan energi tubuh, hal itu karena kandungan karbohidrat tinggi yang ada di dalam air tajin.

Selain itu, minum air tajin bermanfaat bagi kesehatan pencernaan, dimana minum air tajin bisa untuk mengobati masalah pencernaan seperti sakit maag dan sembelit. Bahkan air tajin memiliki fungsi sebagai elektrolit yang bisa menyembuhkan diare.

Manfaat lainnya air tajin yaitu membantu menyembuhkan penyakit panas dalam, meringankan sariawan, mencegah kadar kolesterol tinggi sehingga menyehatkan jantung, mencegah obesitas, dan sering digunakan untuk konsumsi bayi.

Cara Pemanfaatan Air Beras

1. Metode Air Cucian Beras (Yang Digunakan Adalah Air Cucian Ketiga / Terakhir)
Ini cara paling sederhana, yang penggunaan bisa bermanfaat untuk kesehatan kulit dan tubuh. Dimana Anda tinggal mengambil air cucian beras.

Tentunya mencuci beras dilakukan beberapa kali, biasanya tiga kali, maka air yang Anda gunakan adalah air hasil mencuci beras yang ketiga. Adapun air hasil dari cucian pertama dan kedua dibuang saja.

2. Dijadikan Air Tajin
Air tajin sebenarnya sangat nikmat untuk diminum. Untuk membuatnya, yaitu dengan memasak beras beserta air (memasak nasi seperti biasanya), disarankan memasaknya dengan kompor.

Lalu biarkan proses memasak tersebut hingga air mendidih dan juga air mulai mengental (biasanya saat nasi telah setengah matang, atau sekitaran itu).

Nah, air itulah yang disebut dengan air tajin. Amda tinggal mengambil air tersebut, lalu bisa langsung dikonsumsi.

3. Fermentasi
Metode ketiga yaitu dengan memfermentasi air beras, dimana Anda membiarkan air beras yang telah dimasak selama satu hari. Air yang telah difermentasi ini nantinya bisa digunakan sebagai masker wajah ataupun rambut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Get an awesome sticky message bar!Download