15 Manfaat Udang Goreng untuk Kesehatan Manusia

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Baca juga: 9 manfaat udang bagi kesehatan – manfaat udang galah

Selain lezat udang juga kaya akan protein sehingga sangat baik bagi pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Udang juga rendah kalori dan mengandung berbagai nutrisi penting bagi tubuh seperti asam lemak omega-3 dan omega-6 serta berbagai vitamin dan mineral seperti vitamin B12, iodin, fosforus, selenium, dan kalsium.

Meskipun demikian sebagian orang masih takut mengonsumsi udang karena khawatir dengan kandungan kolesterolnya yang tinggi. Apalagi udang goreng yang sudah diolah bersama minyak, hal ini semakin menambah kekhawatiran orang-orang akan bahayanya bagi kesehatan.

Baca juga: manfaat udang ketak – manfaat kolesterol

Ya, udang memang mengandung kolesterol namun jenisnya adalah kolesterol dan lemak baik yang justru dibutuhkan oleh tubuh dengan catatan tidak dikonsumsi secara berlebihan. Ketika digoreng dengan minyak yang mengandung asam lemak jenuh dan ditambah lagi minyaknya dalam jumlah banyak barulah udang goreng yang sebelumnya sehat dan bernutrisi kini menjadi makanan yang kurang baik bagi kesehatan.

Oleh karena itu yang harus diperbaiki adalah pemilihan jenis minyak goreng dan cara mengolahnya sehingga udang goreng yang dikonsumsi dapat membawa manfaat bagi kesehatan. Yang paling utama adalah gunakan minyak goreng yang sehat dan tidak mengandung asam lemak jenuh seperti minyak jagung, minyak zaitun, minyak biji bunga matahari, minyak kanola, dan minyak kacang.

Baca juga: manfaat minyak jagung – manfaat biji bunga matahari untuk kesehatan

Kemudian goreng udang dengan minyak yang sedikit sehingga udang tidak terendam di dalam minyak. Goreng dengan api kecil hingga sedang dan jangan terlalu lama. Cukup 3-5 menit dan segera angkat udang dari penggorengan. Dengan begini udang goreng yang kita masak tetap sehat dan bernutrisi sehingga membawa banyak manfaat bagi kesehatan diantaranya:

1. Mencegah penyakit kanker

Penyakit kanker ditakuti oleh banyak orang karena sangat mematikan. Untuk mencegah ini beragam cara dilakukan salah satunya dengan mencukupkan kebutuhan mineral tubuh seperti selenium yang banyak juga terkandung pada udang goreng.

Baca juga: manfaat daun kelor untuk kanker – manfaat buah mengkudu

2. Baik untuk kesehatan otak

Mengonsumsi udang goreng dapat memberikan nutrisi penting untuk otak seperti omega-3 sehingga menjadikan otak sehat dan berkembang dengan baik.

3. Membantu menyeimbangkan kadar hormon dalam tubuh

Tingginya kandungan protein pada udang goreng juga bermanfaat untuk membantu tubuh dalam memproduksi hormon. Tidah hanya sampai di situ protein juga membantu menyeimbangkan kadar hormon sehingga tidak ada yang berlebihan. Untuk memaksimalkan hal ini sebaiknya konsumsi udang dibarengi dengan melakukan olahraga secara teratur.

Baca juga: manfaat abon – manfaat klorofil bagi tubuh

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Untuk mencegah tubuh mudah terinfeksi berbagai penyakit diperlukan sistem kekebalan tubuh yang baik. Ini bisa kita dapatkan dari konsumsi udang goreng karena kandungan mineralnya yang tinggi dan beragam.

5. Sumber omega-3

Omega 3 penting dan bermanfaaat bagi tubuh namun tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh sehingga harus didapatkan dari makanan yang kita makan. Salah satunya adalah dari udang goreng yang mengandung beragam omega-3 sehingga kebutuhan omega-3 tubuh terpenuhi dengan baik.

Baca juga: 10 manfaat omega 3 untuk kesehatan – manfaat omega 3 6 9

6. Mengurangi risiko depresi

Dengan terpenuhinya kebutuhan omega-3 tubuh maka salah satu manfaat yang kita dapat adalah terhindarnya kita dari depresi serta membantu mengembalikan mood sehingga pikiran menjadi segar dan cerah kembali.

7. Mencegah penyakit jantung

Selenium pada udang goreng juga sangat baik untuk mencegah penyakit berbahaya seperti penyakit jantung. Dengan mengolah udang goreng secara benar akan membuat tubuh sehat dan terhindar dari penyakit mematikan ini.

Baca juga: manfaat alpukat untuk jantung – manfaat kacang tanah untuk jantung

8. Diet atau menurunkan berat badan

Umumnya orang mengira udang sebagai makanan yang dapat menggemukkan karena tingginya kolesterol pada udang. Hal ini sebenarnya keliru karena justru kandungan kalori pada udang tergolong rendah, yang menjadikan kalorinya melonjak naik adalah penggunaan minyak goreng yang tidak tepat dan berlebihan. Hal ini menjadikan udang yang diolah dengan benar dapat dimasukkan dalam daftar menu diet karena kaya nutrisi yang diperlukan tubuh namun rendah kalori.

9. Sumber protein

Yang banyak tidak diketahui oleh masyarakat awam adalah tingginya kandungan protein pada udang sehingga dengan mengonsumsi cukup udang dapat menjadi asupan protein yang baik bagi tubuh. Dalam 100 gram udang goreng terkandung sekitar 21 gram protein.

Baca juga: manfaat protein – manfaat whey protein

10. Meningkatkan nafsu makan

Siapa sih yang tidak tergiur mencium aroma udang goreng? Ya, mengonsumsi udang goreng dapat meningkatkan nafsu makan sehingga kebutuhan energi dan nutrisi tubuh terpenuhi dengan baik.

11. Antiinflamasi

Udang goreng juga memiliki sifat antiinflamasi sehingga membantu mencegah dan mengatasi peradangan yang dialami oleh tubuh seperti bengkak, nyeri, timbulnya kemerahan pada kulit, rasa panas, dan lain sebagainya.

Baca juga: manfaat kunyit – manfaat tembakau

12. Menyehatkan dan menguatkan tulang

Dengan kandungan mineral seperti kalsium dan fosfor pada udang menjadikan konsumsi makanan ini baik untuk kesehatan dan kekuatan tulang. Selain itu dalam mengonsumsi udang juga dianjurkan untuk memakan dengan kulitnya karena adanya kandungan glukosamin yang berperan dalam pembentukan tulang rawan di persendian.

13. Mencegah anemia

Untuk menunjang produksi sel darah merah tubuh membutuhkan asupan vitamin B12 yang salah satunya bisa kita dapatkan dari udang goreng. Dengan mengonsumsi udang goreng secukupnya dapat mencegah tubuh terkena anemia atau kekurangan sel darah merah.

Baca juga: manfaat zat besi – manfaat kurma untuk anemia

14. Mencegah penyakit diabetes

Mengonsumsi udang goreng yang diolah secara benar tidak akan menyebabkan kadar gula darah meningkat sehingga anda tidak perlu khawatir akan risiko diabetes.

15. Sumber lemak sehat

Udang memang mengandung lemak tapi jenis lemaknya adalah lemak sehat sehingga dapat dijadikan sumber asupan lemak bagi tubuh. Yang perlu dipehatikan ketika mengonsumsi udang goreng adalah pemilihan jenis minyak dan jumlah minyak yang digunakan untuk menggoreng sehingga yang masuk ke dalam tubuh tetaplah jenis lemak sehat.

Dapat dilihat bukan bahwa selain enak udang goreng juga sangat bermanfaat bagi kesehatan. Dengan catatan harus diolah dengan cara yang benar dan tentu saja dikonsumsi secukupnya karena apapun yang dikonsumsi berlebihan tetap tidak baik bagi kesehatan. Oleh karena itu anda tidak perlu takut lagi mengonsumsi udang goreng dan memasukkannya dalam menu makanan harian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Get an awesome sticky message bar!Download