BENSIN UDAH DI POSISI ‘E’, SEBERAPA JAUH MOBIL MASIH SANGGUP MELAJU?

Banyak orang yang langsung panik pas indikator bensin mobil ada di posisi “E” alias “Empty”. Soalnya, mereka ngira bensin di tangki udah sekarat banget sehingga mobil nggak bisa dipakai jalan lagi.

Hal ini tentu salah kaprah karena setiap kendaraan punya bensin cadangan atau reservoir (RES) sekalipun indikator bahan bakar ada di posisi “E”. Masalahnya, seberapa jauh sih mobil sanggup melaju dalam kondisi bensin kayak gitu?

Umumnya, sisa bensin yang tersisa saat indikator bahan bakar ada di posisi “E” adalah 10 – 20 persen dari total kapasitas penuh tangki. Hal ini nggak sama di setiap mobil karena tergantung sama kapasitas tangki mobil tersebut. Biasanya sih untuk mobil kayak Toyota Avanza atau Agya, sisa bensinnya 5-6 liter. Sementara mobil big MPV kayak Innova punya sisa sekitar 10 liter.

Soal jarak tempuh, lo tinggal mengalikannya dengan rata-rata jarak tempuh per liter. Misalnya sisa bensin ada 5 liter dan 1 liter bisa menempuh jarak rata-rata 10 km, berarti jarak yang masih bisa mobil lo tempuh kira-kira adalah 50 km. Tapi hal ini nggak mutlak benar ya, karena konsumsi bensin juga bergantung pada cara lo mengemudi, kondisi jalan yang lancar atau macet, dan kecepatan laju mobil lo.

Biar nggak deg-degan takut bensin abis, mending biasain isi bensin mobil lo sebelum indikatornya ada di posisi “E”. Jadi, lo nggak perlu deh tuh repot-repot ngitung buat tau jarak yang masih bisa mobil lo tempuh. Setuju?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress spam blocked by CleanTalk.