Tangan manusia terutama bagian telapak tangan, ujung jari dan daerah di bawah kuku merupakan bagian tubuh yang memiliki penghuni  beberapa mikroorganisme penyebab penyakit. Diantaranya adalah Escherichia coli, Salmonella sp, Shigella sp, Clostridium perfringens, Giardia lamblia, virus Norwalk dan virus Hepatitis A yang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit infeksi serta dapat menimbulkan komplikasi yang berbuntut kematian bagi penderitanya. Maka hal ini merupakan kabar yang tidak sedap bagi kita semua sehingga perlu dilakukan tindakan dengan harapan tangan kita tidak memiliki penghuni mikroorganisme tersebut yang membuat onar di tubuh kita.

Sebagai muslim, tindakan pencegahan yang dapat kita lakukan adalah:

  1. Berdoa kepada Allah memohon perlindungan dari mikroorganismse tersebut yang merupakan makhluk yang diciptakan oleh Allah. Doa yang dapat kita panjatkan diantaranya adalah :

    أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ

    Dari Khaulah binti Hakim, bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barang siapa yang singgah di sebuah tempat kemudian ia mengatakan, [doa tersebut]– (Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan apa yang diciptakan-Nya) – niscaya tidak akan ada yang memudharatkannya” (HR. Tirmidzi: 3437, dan An Nasai: 5433)

  2. Melakukan cuci tangan dengan sabun atau alkohol.

    Ini merupakan ikhtiyar sederhana namun sangat ampuh mencegah munculnya penyakit yang diakibatkan oleh mikroorganisme tersebut. Mencuci tangan dapat dilakukan kapan saja, utamanya adalah:

    • Setiap kali tangan kita kotor (setelah memegang uang, memegang sampah, binatang, berkebun, )
    • Setelah buang air besar dan buang air kecil
    • Sebelum memegang makanan
    • Setelah bersin, batuk, membuang ingus
    • Setelah pulang dari bepergian
    • Setelah bermain
    • Setelah makan
    • Sebelum dan sesudah tidur
  3. Mengajak keluarga terutama anak, sahabat, tetangga, dan muslim lainnya untuk mengamalkan serta membiasakan doa perlindungan tersebut dan melakukan cuci tangan  sehingga dapat tercegah dari berbagai macam penyakit infeksi.

Mudah-mudahan informasi yang sederhana ini dapat bermanfaat bagi kita semua sehingga dapat terhindar dari berbagai penyakit.