Manfaat Ayam Kate

Salah satu hewan yang dikenal akrab dengan kehidupan manusia adalah ayam. Bagaimana tidak? Sehari-hari kita tentu sudah sangat terbiasa melihat ayam liar berkeliaran di lingkungan sekitar. Banyak pula yang sengaja memelihara dan membudidayakan ayam dengan menyiapkan kandang dan merawatnya secara teratur. Daging dan telur ayam telah menjadi bahan makanan yang banyak digemari dan dikenal bergizi tinggi sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan. Diketahui ada sekitar 12 manfaat daging ayam bagi kesehatan dan berbagai manfaat telur ayam yang bisa didapatkan.

Ayam kate

Diantara sekian banyak jenis ayam ada salah satu jenis ayam yang cukup menarik perhatian yaitu ayam kate. Ayam yang dikenal juga dengan ayam katai ini memiliki bentuk tubuh yang mini dan menarik sehingga lebih banyak dimanfaatkan sebagai ayam hias atau ayam yang diikutkan lomba. Ayam ini jarang dijadikan ayam pedaging. Paling-paling telurnya yang selain digunakan untuk budidaya juga dijadikan bahan makanan karena rasanya yang enak dan bergizi.

Ayam ini dikenal juga sebagai ayam bantam karena pertama kali ditemukan di pelabuhan Bantam, salah satu pelabuhan di pulau Jawa yang sekarang merupakan bagian dari Provinsi Banten. Ayam ini dapat dikenali dari ciri fisik seperti jenggernya yang berukuran besar dan berwarna merah, kaki berukuran pendek, punggungnya panjang namun tidak terlalu tegak, ukuran tubuh yang mungil, serta dada yang terlihat membusung. Ayam ini telah banyak disilangkan dengan berbagai ras ayam lain sehingga menghasilkan keturunan yang lebih unik dan menarik. Contoh hasil persilangannya adalah ras ayam serama yang berasal dari Malaysia.

Meskipun bukan termasuk ayam pedaging dan jarang dimanfaatkan dagingnya untuk tujuan konsumsi namun ayam kate memiliki banyak manfaat lain. Berikut beberapa manfaat ayam kate bagi kehidupan manusia:

1. Sebagai ayam hias

Dengan bentuk tubuh yang unik serta variasi warna bulunya yang cantik dan menarik menjadikan ayam kate banyak dimanfaatkan sebagai ayam hias. Ayam ini biasanya dipelihara untuk kesenangan atau hobi pemiliknya layaknya hewan peliharaan lainnya. Selain itu ayam kate juga bisa diikutkan lomba atau kontes ayam karena ia memiliki tingkah yang lucu dan dapat dilatih sedikit keterampilan seperti bagaimana mengenali pemilik, mengenali kandang sendiri, serta terbang jarak rendah.

2. Membantu mengontrol serangga

Manfaat ayam kate lainnya adalah dapat membantu mengontrol populasi atau keberadaan serangga di lingkungan sekitar. Serangga seperti belalang laron disukai oleh ayam kate dan dapat dijadikan makanan tambahan.

3. Kotorannya dapat dijadikan pupuk

Manfaat kotoran ayam sudah lama dikenal sebagai bahan pupuk kandang yang dapat menyuburkan tanaman secara alami. Demikian pula dengan kotoran ayam kate yang juga dapat diolah menjadi pupuk kandang yang sangat baik bagi pertumbuhan tanaman.

4. Telurnya enak dan bergizi

Meskipun bukan termasuk jenis ayam petelur namun telur ayam kate dapat dikonsumsi. Selain rasanya yang enak telur ayam kate juga dikenal bergizi tinggi sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan. Serupa jenis telur ayam lainnya yang juga sangat bermanfaat bagi kesehatan seperti manfaat telur ayam negeri dan manfaat telur ayam arab.

Dapat dilihat ada banyak manfaat ayam kate bagi kehidupan manusia sehingga budidaya ayam ini merupakan peluang usaha yang menjanjikan. Pemeliharaan ayam kate juga tidak sulit dan tidak membutuhkan tempat yang terlalu luas sehingga dapat dilakukan di halaman belakang rumah. Meskipun demikian tentu harus tetap diperhatikan kebersihan dan keributan yang ditimbulkan agar tidak mengganggu kenyamanan tetangga sekitar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress spam blocked by CleanTalk.