Manfaat Daun Durian

  1. Biji dari buah durian
  2. Kulit buah durian
  3. Kayu dari pohon durian
  4. Daun dari pohon buah durian.

Nah, cukup banyak bukan? Hampir semua bagian dari durian memiliki manfaat bagi kehidupan kita sehari – hari. daun durianSebelum itu, mungkin ada baiknya kita mengenal identitas dari durian secara lebih terperinci. Berikut ini adalah klasifikasi ilmiah dari durian :

  1. Kingdom : Plantae
  2. Ordo : Malvales
  3. Famili : Malvaceae
  4. Genus : Durio
  5. Species : Durio Zibethinus

Itu adalah pengenalan singkat mengenai klasifikasi ilmiah dari durian. Sekarang kita akan membahas tentang pemanfaatan dari daun pohon durian itu sendiri. Bagi anda yang mungkin belum mengetahui bagaimana bentuk dari daun pohon durian, daun dari pohon durian mirip seperti daun dari pohon – pohon buah lainnya dengan penempatan pada ranting – ranting kecil. Daunnya lebat dan berwarna hijau kecoklatan hingga kuning kecoklatan. Berikut adalah daftar manfaat daun durian yang dapat anda coba.

  1. Sebagai sumber respirasi bagi pohon itu sendiri

Pohon durian merupakan jenis pohon besar yang memiliki sistem respirasi alias pernapasan yang dilakukan pada daun. Daun durian memiliki kandungan klorofil dan membantu proses pernapasan dan respirasi dari tanaman durian itu sendiri.

  1. Sebagai pelindung dari panas

Pohon durian adalah jenis pohon yang memiliki daun yang dapat berfotosintesis. Dengan ini maka pohon durian dapat menjadi peneduh pada kebun dan pekarangan rumah, dan dapat menyuplai oksigen. Namun demikian, perlu diperhatikan, agar tidak berada tepat di bawah pohon durian, karena buanya yang besar dan berduri, dan akan sangat berbahaya apabila anda tertimpa buah durian tersebut.

  1. Membantu menurunkan berat badan

Daun durian memiliki kandungan klorofil dan serat yang memang terkandung pada hampir semua jenis pepohonan berdaun lebat dan hijau. Salah satu manfaat yang paling utama dari klorofil dan serat adalah dapat membantu anda menurunkan berat badan. Anda dapat mengolah daun durian ini sebagai jenis tumis – tumisan dan mencampurnya dengan bahan lainnya untuk membantu menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan tubuh anda.

Baik untuk menurunkan berat badan
  1. Mengobati cantengan

Cantengan atau infeksi yang biasanya terjadi pada kuku merupakan salah satu infeksi yang menyiksa dan sanyat tidak nyaman. Biasanya infeksi ini terjadi karena terjatuh atau tertimpa benda yang berat. dengan memanfaatkan daun dari durian ini, anda dapat mengobati cantengan atau infeksi pada kuku jari anda.

Bagaimana caranya?

Untuk mengobati cantengan, anda dapat mengambil beberapa lembar daun durian, lalu cacah – cacah daun tersebut hingga mengeluarkan air. Setelah itu, anda dapat mengompres infeksi atau cantengan pada kuku anda selama beberapa saat. Lakukan hal ini hingga infeksi atau cantengan anda sembuh.

  1. Sebagai bahan makanan.

Daun durian pun dapat anda olah menjadi jenis masakan yang sangat lezat dan bergizi untuk tubuh kita. Anda dapat mencoba membuat tumis – tumisan dari bahan dasar daun durian. Agar memperoleh manfaat yang lebih optimal, anda dapat mencampurkan jenis bahan – bahan dan bumbu dapur yang memiliki nilai gizi tinggi, seperti :

  • Minyak zaitun
  • Daging
  • Cabai merah
  • Cabai hijau
  • Bawang putih
  • Bawang merah

Dengan memanfaatkan campuran bahan – bahan di atas, anda dapat memperoleh banyak manfaat dan kandungan gizi yang baik, seperti kalium, kalsium, serat, protein, zat besi, serta vitamin dan mineral lain yang baik untuk kesehatan tubuh anda.

  1. Melancarkan pencernaan

Daun durian memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Karena itu sayur yang diolah dengan menggunakan bahan dasar daun durian sangat baik dikonsumsi anda yang ingin melancarkan pencernaan anda. selain dapat melancarkan pencernaan anda, serat yang terkandung di dalam daging durian juga memiliki manfaat lain, yaitu :

  • Mengikat lemak
  • Mencegah diare dan sembelit
  • Menurunkan badan
  • Menjaga dan meningkatkan metabolism tubuh
  • Mempercepat penyerapan protein di dalam tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress spam blocked by CleanTalk.