Manfaat Daun Imbau

Daun imbau merupakan jenis daun yang berasal dari pohon dikotil yang memiliki nama latin Azadirachta indica Juss. Pohon imbau dapat tumbuh hingga mencapai tinggi 20 meter dengan batang yang kasar. Daun imbaunya sendiri merupakan daun yang tersusun spiralis dan merupkana daun yang majemuk menyirip genap. Ukuran daun imbau berkisar antara 3 sampai dengan 10 cm. Daun imbau banyak ditanam karena daunnya yang rindang sehingga dapat dimanfaatkan sebagai salah satu tumbuhan peneduh. Selain dapat dijadikan sebagai tumbuhan peneduh, tanaman imbau juga memiliki berbagai kandungan di dalamnya yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi beberapa masalah

Kandungan Daun Imbau

Daun imbau memiliki daun yang rindang, sehingga banyak dimanfaatkan sebagai salah satu tanaman peneduh. Selain memiliki daun yang rindang, daun imbau juga memiliki beberapa kandungan senyawa di dalamnya. Daun imbau mengandung sitosterol, hyperoside, nimbolide, quercetin, quercitrin, rutin, azadiractan, dan juga kandungan nimbine di dalamnya. Beberapa kandungan dalam daun imbau ini memiliki manfaat masing-masing yang dapat mengatasi masalah kesehatan.

Manfaat Daun Imbau

Di negara seperti India dan di Indonesia sendiri, sudah sejak lama daun imbau digunakan untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit. Di India, daun imbau dikenal sebagai the village pharmacy karena dapat menyembuhkan banyak penyakit. Beberapa jenis penyakit yang dapat disembuhkan dengan daun imbau diantaranya:

  1. Mencegah Kanker

Kanker dapat membahayakan penderitanya, karena kanker merupakan penyakit mematikan yang belum diketahui secara pasti obat penyembuhnya. Namun kanker dapat dicegah dengan bahan alami seperti dengan kandungan senyawa yang ada pada daun imbau. Kandungan senyawadi dalam daun imbau dapat membantu mencegah masuknya sel kanker ke dalam tubuh.

  1. Mengatasi Hipertensi

Tekakan darah yang cukup tinggi dapat menyebabkan hipertensi atau tekanan darah tinggi. hiertensi tidak boleh dianggap remeh karena dapat menyebabkan juga terjaidnya pembuluh darah pecah. Salah satu cara menstabilkan tekanan darah yakni dengan daun imbau. Kandungan senyawa di dalamnya dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

  1. Mengatasi Penyakit Kulit

Penyakit kulit banyak yang terjadi karena adanya bakteri yang masuk ke dalam kulit dan menyebabkan masalah pada kulit. Gunakan daun imbau untuk mengatasi penyakit kulit secara alami tanmpa obat kimia.

  1. Mencegah Terjadinya Diabetes

Kandungan senyawadi dalam daun imbau dapat membantu menurunkan kadar gula di dalam darah. Sehingga tubuh dapat terhindar dari penyakit diabetes.

  1. Menyembuhkan Jerawat

Daun imbau memiliki bioaktivitas antibakteri di dalamya. Sifat antibakteri yang dimiliki daun imbau dapat membantu menyembuhkan penyakit yang disebabkan karena aktivitas bakteri seperti jerawat,

  1. Menurunkan Demam

Panas demam dapat menyebabkan tubuh lemas dan hanya terbaring di tempat tidur. Salah satu cara mengatasi demam yakni dengan memanfaatkan daun imbau

  1. Mengatasi Radang

Daun imbau memiliki sifat antiradang yang dapat menyembuhkan peradangan yang terjadi. Peradangan yang sering terjadi pada beberapa bagian tubuh tertentu dapat diatasi dengan memanfaatkan daun imbau.

  1. Melancarkan Peredaran Darah

Kandungan di dalam daun imbau dapat membantu melancarkan peredaran darah. Senyawa di dalamnya dapat membantu mencegah terjadinya penyumbatan yang menyebabkan peredaran darah tidak lancar.

  1. Mengobati Malaria

Sifat anti bakteri yang dimiliki oleh daun imbau dapat membantu mengatasi beberapa masalah kesehatan yang disebabkan karena perkembangan bakteri di dalam tubuh, salah satunya yakni penyakit malaria. Seduhan daun imbau dapat membantu meringankan gejala malaria yang disebabkan karena adanya gigitan nyamuk malaria.

  1. Menjaga Kesehatan Lambung

Kelebihan asam lambung dapat menyebabkan masalah kesehatan, begitu pula apabila lambung lecet. Untuk itu, kesehatan lambung perlu dijaga agar tidak menyebabkan beberapa penyakit lain. Salah satu cara menjaga kesehatan lambung yakni dengan memanfaatkan daun imbau yang kandungan senyawanya baik untuk menjaga kesehatan lambung.

  1. Sebagai Obat Infeksi

Terkena infeksi akan menyebabkan beberapa masalah pada bagian tubuh lainnya. Infeksi dapat dicegah dengan memanfaatkan bahan alami seperti daun imbau untuk mencegah infeksi yang dapat merambat ke bagian tubuh yang lain.

  1. Mengatasi Disentri

Aktivitas antibakteri yang dimiiki oleh daun imbau dapat mengatasi beberapa masalah kesehatan yang disebabkan karena bakteri, seperti terjadinya disentri, dengan meminum seduhan daun imbau, disentri dapat berkurang.

  1. Sebagai Obat cacingan

Cacingan terjadi karena adanya cacing pada saluran pencernaan yang mengganggu penyerapan makanan  karena sudah didahului oleh cacing. Salah satu obat cacing yang berasal dari bahan alami yakni daun imbau. Daun imbau dapat membantu membunuh cacing di dalam saluran pencernaan.

  1. Mengatasi Diare

Daun imbau memang sangat baik dimanfaatkan untuk kesehatan pencernaan. Selain dapat menyehatkan lambung dan mengobati disentri, daun imbau juga dapat berfungsi sebagai obat untuk mengatasi diare.

  1. Meningkatkan Nafsu Makan

Mengkonsumsi daun imbau dapat membantu memperbaiki nafsu makan. Sehingga dapat membantu mencegah terjaidnya kekurangan makan dan mencegah kelaparan yang terjadi.

  1. Mengatasi Pegal Linu

Pegal linu dapat terjadi karena faktor usia dan juga karena adanya masalah kesehatan mpada bagian yang terkena pegal linu. Pegal linu dapat diatasi dengan mengkonsumsi obat pegal linu. Selain obat pegal linu, pegal linu juga dapat diatasi dengan memanfaatkan bahan alami seperti daun imbau. Manfaat daun imbau tidak hanya dapat digunakan untuk medis atau pengobatan. Kandungan azadirachtan yang terkandung di dalam daun imbau dapat bermanfaat dalam dunia pertanian, yakni :

  1. Sebagai Pestisida Alami

Kandungan azadirachtandapat membantu tanaman agar dapat terhindar dari hama. Azadirachtan dapat bekerja sebagai pestisida alami yang dapat membunuh beberapa jenis hama tanaman yang dapat merusak tanaman.

  1. Sebagai Pupuk Alami

Sudah jarang digunakan pupuk alami karena pembuatannya yang memerlukan waktu dan tenaga lebih. Sehingga banyak petani yang menggunakan pupuk kimia untuk pertaniannya. Pupuk alami sebenarnya mudah di dapatkan, salah satunya dengan daun imbau. Kandungan azadirachtan di dalam daun imbau dapat menjadi pupuk alami yang baik untuk tanah, tidak seperti pupuk kimia.

Banyak jenis obat yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan. Akan tetapi, kebanyakan obat yang digunakan biasanya obat kimia yang terkadang memiliki dampak yang buruk bagi anggota organ tubuh yang lain. Untuk menghindari bahaya obat kimia, dapat dimanfaatkan bahan alami disekitar kita yang juga dapat bermanfaa untuk kesehatan, seperti halnya dengan memanfaatkan daun imbau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress spam blocked by CleanTalk.