Manfaat Daun Kenikir

daun kenikir

Tumbuhan kenikir yang memiliki nama latin cosmos caudatus lebih dikenal sebagai tanaman hias bagi sebagian orang. Fungsi yang diketahui banyak tentang daun kenikir pun hanya sebatas sebagai salah satu tumbuhan pengusir jamur, serangga, hama, dan sebagainya. Namun, nyatanya tumbuhan yang mudah ditemukan di tepi sungai dan memiliki aroma yang menarik ini memiliki kandungan yang belum banyak diketahui orang.

 Daun kenikir memiliki kandungan berbagai  zat aktif dan berbagai mineral, seperti antioksidan, fenolat, protein, kalsium, polifenol, saponin, karbohidrat, serta vitamin A, C, dan E. Bahkan antioksidan yang sangat tinggi di daun Kenikir dianggap setara dengan 2400 mg Vitamin C.

Oleh karena itu, tidak mengherankan apabila daun kenikir memiliki khasiat yang luar biasa untuk kesehatan. Selain itu, daun kenikir yang biasa dikonsumsi sebagai lalapan bisa memberikan manfaat untuk kecantikan bagi para kaum hawa pula. Berikut ini beberapa manfaat daun kenikir untuk kecantikan, antara lain adalah:

1. Mencerahkan Kulit

Tahukah anda kalau kandungan vitamin C didalam daun kenikir dapat membuat kulit anda menjadi lebih cerah dan bersinar? Vitamin C sendiri mampu untuk mempercepat tumbuhnya atau pembentukan kolagen dalam kulit, sehingga kulit kulit mati dapat segera terganti dengan regenerasi kulit baru yang sehat. Vitamin C sendiri juga mengandung senyawa asam askorbat yang kerap dijadikan para pakar kecantikan sebagai solusi membuat kulit tampak kencang.

Kolagen dalam vitamin C juga menjaga kekenyalan dan kelembapan kulit. Hal inilah yang menyebabkan daun Kenikir bisa anda gunakan sebagai salah satu cara untuk mencerahkan kulit anda. Daun Kenikir bisa anda konsumsi langsung dengan cara dijadikan lalapan atau juga bisa dibuat teh untuk diminum.

2. Mengatasi Bau Mulut

Bau mulut adalah salah satu hal yang sangat mengganggu penampilan dan kenyamanan saat berada di lingkungan yang dipenuhi banyak orang. Bau mulut bisa terjadi akibat banyak hal, seperti adanya jamur, bakteri, atau sehabis makan makanan yang memiliki aroma tajam. Namun tenang saja, anda bisa mengatasi ini dengan mengkonsumsi daun kenikir. Aroma yang dimiliki daun kenikir akan memberikan sensasi segar dan harum di mulut anda. Sehingga anda tidak perlu sungkan atau ragu untuk berbicara dengan orang lain.

3. Menambah Nafsu Makan

Merasa memiliki badan yang terlalu kurus pastinya akan menurunkan tingkat kepercayaan diri bukan? Anda bisa mengkonsumsi daun kenikir sebagai salah satu solusi untuk menaikkan berat tubuh anda. Mengapa? Karena daun Kenikir dipercaya dapat menambah nafsu makan. Sehingga dengan memperbanyak pola makan anda setiap hari, anda akan menambah peluang untuk memiliki badan yang lebih proporsional dibandingkan sebelumnya.

4. Menghaluskan Kulit

Kandungan Vitamin E dan Vitamin C pada daun Kenikir memang dirasa sangatlah cocok dijadikan solusi untuk anda yang ingin memiliki kulit yang cantik dan sehat. Vitamin A dan vitamin C menjaga agar kulit tidak tampak kering dan kasar. Umumnya kulit yang kering dan kasar biasanya disebabkan dari banyaknya pigmen jahat akibat terlalu sering terpapar sinar matahari atau bisa juga dikarenakan kulit terlalu sering berinteraksi dengan polusi dan perubahan suhu udara.

Oleh karena itu, selain menjaga dari dalam anda juga harus mengurangi intensitas aktivitas yang dirasa tidak menyehatkan untuk kulit. Menggunakan daun kenikir untuk kecantikan kulit tidak hanya melalui segi konsumsi saja, namun daun Kenikir juga bisa dijadikan sebagai cream yang dioleskan ke kulit.

5. Meregenerasi Sel Kulit Mati

Jika anda memiliki masalah dengan sel sel kulit mati yang menghitam dan mengganggu kecantikan wajah anda, maka daun Kenikir bisa anda jadikan solusi terbaik. Kandungan zat antioksidan yang tinggi di daun Kenikir dapat mempercepat tumbuhnya atau regenerasi sel baru untuk menggantikan sel-sel kulit yang telah mati. Sel kulit mati biasanya susah dihilangkan karena banyak hal, salah satunya adalah kurang rajin membersihkan wajah, kurangnya asupan nutrisi, memiliki intensitas paparan sinar matahari yang terlalu sering, dan lain lain.

Untuk mengatasinya, anda bisa menghaluskan daun kenikir  dan mencampurkannya dengan beberapa tetes minyak kelapa. Kemudian panaskan sesaat hingga terlihat mengental. Setelah itu, diamkan sejenak hingga dingin dan pakailah di wajah sebagai masker. Sebaiknya lakukan ini sesering mungkin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

6. Mencegah Penuaan Dini / Kulit Keriput

Vitamin C yang terkandung di dalam daun kenikir berfungsi untuk membentuk kolagen dan memperbaiki kerusakan DNA, serta menetralisasi radikal bebas yang masuk kedalam tubuh. Kolagenlah yang paling berpengaruh besar untuk menjaga kulit anda tetap kencang seperti tampak lebih muda. Selain itu antioksidan yang tinggi juga berfungsi untuk menangkal berbagai macam radikal jahat yang membuat kulit lebih cepat kusam dan keriput.

7. Mencegah Bakteri Menempel di Kulit

Bakteri yang tersebar di udara sangatlah banyak dan tidak bisa terlihat. Sering pula bakteri adalah asal mula sumber permasalahan yang terjadi di kulit anda. Seperti kulit yang mudah kering, gampang terlihat kusam, muncul bintik-bintik hitam, dan masih banyak lain. Dengan rutin mengkonsumsi daun kenikir ataupun menjadikannya cream oles untuk kulit, berarti anda sudah melakukan solusi dan upaya yang tepat. Kandungan mineral, vitamin, dan zat aktif didalam daun kenikir dianggap mampu menangkal bakteri yang akan menyerang atau merugikan kulit.

8. Mengatasi Kulit Alergi dan Dermatitis

Bagi anda yang memiliki alergi ataupun bekas luka yang sangat susah hilang, anda bisa mulai mencoba menggosong daun Kenikir ke bekas luka anda. Apabila dilakukan secara rutin, maka bekas luka akan cepat memudar. Dermatitis juga biasa dialami oleh para wanita yang pernah melalui proses melahirkan. Daun Kenikir sangatlah aman bagi usia berapa saja dan tidak akan memberikan efek samping yang merugikan bagi penggunanya.

9. Membuat Mata Terlihat Jernih dan Sehat

Tentunya anda harus tau, selain vitamin C, di dalam daun kenikir juga terdapat kandungan vitamin A yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan mata. Dengan konsumsi yang rutin, anda akan mendapatkan mata yang jernih dan sehat.

10. Melancarkan Peredaran Darah

Siapa bilang peredaran darah yang lancar tidak menentukan kecantikan dari penampilan anda? Peredaran darah yang lancar berpengaruh besar dalam membantu sel kulit anda dalam melakukan regenerasi sel kulit lain yang telah mati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress spam blocked by CleanTalk.