Manfaat Daun Kluwih

Sebagian besar orang pasti mengenal jenis pohon yang satu ini, banyak sekali orang menanamnya di halaman rumah ataupun kebun. Kluwih merupakan salah satu jenis tanaman pohon berbuah. Banyak orang mengenal buah kluwih sebagai salah satu bahan makanan, buah kluwih sendiri tidak memiliki biji dan daging buahnya bertekstur lembut jika dimasak. Tak heran jika banyak orang menyukainya, biasanya kluwih dijadikan sebagai bahan dalam pembuatan roti, tepung, di sayur ataupun digoreng begitu saja. Tidak hanya dikenal di Asia seperti Indonesia, kluwih juga dikenal di wilayah eropa sebagai buah roti.

Hal ini tentunya terkait dengan rasa dan teksturnya yang menyerupai roti. Secara fisik, pohon kluwih merupakan jenis pohon besar yang mampu tumbuh hingga mencapai ketinggian 30 m meskipun rata- rata pohon kluwih yang ditanam atau dibudidayakan hanya mampu tumbuh sekitar belasan meter saja. Batangnya yang besar mampu tumbuh hingga 8 m, buahnya sendiri akan tumbuh pada ujung ketiak daunnya. Untuk memanen buah kluwih, anda bisa memanennya dengan bantuan tangga ataupun bambu. Selain buahnya berbeda jika anda melihat manfaat daun pegagan untuk otak, ternyata daun kluwih juga dapat dimanfaatkan.

Tentunya cara pengolahan daun kluwih berbeda, jika buahnya dapat diolah menjadi aneka menu makanan maka daunnya dapat diolah menjadi aneka minuman herbal. Biasanya orang menjadikannya sebagai obat ataupun minuman tradisional seperti jamu. Bahkan sudah banyak sekali industri yang bergerak di bidang kesehatan menjadikan daun kluwih sebagai bahan dasar produknya. Mulai dari produk kesehatan seperti minuman, kapsul, hingga pil. Daun kluwih sendiri memiliki bentuk yang unik dan berbeda dengan daun lainnya.

Daun kluwih memiliki warna hijau muda dan hijau tua saat daun sudah tua, bentuknya sendiri agak menjari dan mengkilap. Biasanya daun kluwih akan diolah terlebih dahulu seperti direbus ataupun disangrai untuk menjadikannya obat. Tidak hanya mampu mengobati berbagai macam penyakit saja, daun kluwih juga dapat bermanfaat untuk mencegah penyakit. Bagi anda yang penasaran dengan apa saja manfaat daun kluwih untuk kesehatan terutama untuk pengobatan berbeda dengan manfaat sirih merah untuk penyakit kulit, berikut informasinya.

Manfaat Daun Kluwih

  1. Mencegah Stroke

Stroke merupakan salah satu penyakit pada syaraf yang dapat mempengaruhi otot motorik ataupun sensorik di tuibuh anda sehingga anda akan mengalami susah bergerak hingga lumpuh. Untuk mencegahnya anda bisa mengkonsumsi air rebusan daun kluwih secara berkala.

  1. Obat Gangguan Pencernaan

Daun kluwih mampu mengobati dan mengatasi gangguan pencernaan seperti diare, sembelit hingga susah BAB.

  1. Menambah Berat Badan

Bagi anda yang memiliki berat badan kurang ideal dan ingin menambah berat badan agar badan jadi terlihat lebih berisi berbeda dengan manfaat daun afrika selatan, anda bisa mengkonsumsi daun kluwih.

  1. Obat Mual

Bagi anda yang mengalami mual karena keracunan ataupun alergi dan maag, anda bisa mengobatinya dengan minum air rebusan daun kluwih.

  1. Obat Radang

Tidak hanya mampu mengobati mual saja berbeda dengan manfaat daun pepaya gantung daun kluwih juga mampu mengobati radang seperti radang tenggorokan ataupun radang lambung.

  1. Obat Demam

Kandungan nutrisi serta zat pada daun kluwih mampu menurunkan demam dan mengobatinya secara alami dan efektif.

  1. Obat Nyeri

Bagi anda yang sering merasa nyeri entah itu dibagian sendi, otot, ataupun tulang, anda bisa mengobatinya dengan mengkonsumsi daun kluwih setiap hari sebanyak 2 kali.

  1. Mengatasi Anemia

Kandungan zat besi pada daun kluwih sangat baik untuk mengatasi anemia, karena mampu meningkatkan sel darah merah dalam tubuh.

  1. Obat Stress

Tidak hanya mampu meredakan nyeri berbeda dengan manfaat tanaman rumex sayuran kaya antioksidan, daun kluwih juga mampu mengobati stress anda. Ini sangat bermanfaat bagi anda yang memiliki banyak pikiran dan aktivitas.

  1. Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu jenis penyakit kronis, ada banyak cara untuk mencegahnya selain melakukan olahraga kardio. Salah satu cara yaitu dengan mengkonsumsi daun kluwih secara berkala setiap minggu sekali.

  1. Menurunkan Kolesterol

Daun kluwih sangat bermanfaat bagi anda yang memiliki masalah dengan kadar kolesterol dan susah menurunkannya walaupun sudah diet, anda bisa mencoba cara berikut. Untuk menurunkan kadar kolesterol anda bisa minum air rebusan daun kluwih setiap pagi dan menjelang makan siang.

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Tidak hanya bermanfaat bagi anda yang memiliki masalah dengan kolesterol, daun kluwih juga bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah. terutama bagi anda yang memiliki riwayat darah tinggi, anda bisa menurunkan tekanan darah anda dengan mengkonsumsi daun kluwih.

  1. Melancarkan Peredaran Darah

Selain dapat menurunkan tekanan darah, daun kluwih juga mampu melancarkan tekanan darah anda. Ini sangat bermanfaat bagi anda yang sering mengalami kram.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress spam blocked by CleanTalk.