Manfaat Daun Nangka

Bagi sebagian besar orang melihat pohon nangka pasti yang paling utama dilihat adalah buahnya. Buah nangka sendiri memiliki ukuran sangat besar melebihi buah pada umumnya. Namun dari pohon nangka berbeda jika anda melihat manfaat akar pepaya, siapa sangka ternyata semua bagian  dari pohonnya dapat dimanfaatkan tidak hanya buahnya saja. Dan nangka sendiri merupakan jenis buah yang dihasilkan dari pohon berukuran besar. Pohon nangka termasuk salah satu jenis tumbuhan dari suku Moreceae, adapun nama ilmiah nangka Artocarpus heterophyllus. Pohon nangka mampu tumbuh mencapai ketinggian 20 hingga 30 m dengan bentuk batang bulat silindris berdiameter 1 m. tajuknya padat dan lebat, melebar serta membulat apabila terbuka.

Buahnya memiliki rasa manis, adapun yang memiliki rasa manis keasaman serta daging buah yang segar walaupun tidak terlalu banyak kandungan airnya. Selain buah nangka yang dapat dikonsumsi, ternyata kayu pohon nangka juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar kerajinan hingga perabotan rumah tangga seperti mebel. Selain kayu pohon nangka ternyata daun pohon nangka juga memiliki manfaat. Bagi anda yang penasaran dengan ciri fisik pohon nangka berikut kami sampaikan penjelasan singkatnya. Sama halnya seperti daun pada umumnya daun nangka memiliki bagian seperti tangkai daun, tulang daun dan warna daun yang hijau.

Selain itu daun nangka memiliki ciri khas berupa daun berbentuk menyirip dan merupakan kjenis daun tunggal. Daun nangka tersebar dengan tangkai sekitar 1 hingga 4 cm, adapun helai daun yang agak tebal menyerupai kulit yang kaku dan bertepi rata. Daunnya berbentu menyirip seperti telur terbalik dan agak memanjang dengan ukuran 4 hingga 25 cm dengan pangkal menyempit sedikit demi sedikit. Pada era 90an biasanya daun nangka kering dijadikan sebagai alat bermain khususnya untuk anak perempuan, biasanya mereka membuat mahkota, bandana hingga baju yang terbuat dari daun nangka kering. Selain itu ternyata daun nangka juga dapat dikonsumsi berbeda jika anda melihat manfaat jagung manis, hal ini karena daun nangka memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Kandungan Daun Nangka

  • Antioksidan
  • Kalsium
  • Fosfor

Selain kandungan nutrisi di atas, masih banyak sekali kandungan nutrisi yang lain yang bisa anda dapatkan. Untuk mengkonsumsi daun nangka sendiri sangat mudah berbeda jika anda melihat manfaat buncis untuk kesuburan pria dan wanita, ada berbagai cara namun cara termudah adalah membuatnya menjadi teh herbal. Caranya yaitu anda hanya tinggal menyediakan air mendidih dan daun nangka kering, lalu menyeduhnya dan tunggu hingga air berubah warna. Air teh daun nangka pun siap untuk diminum, namun untuk daun nangka yang harus anda pilih bukan sembarang daun nangka. Daun nangka harus memiliki kriteria yang baik dan berkualitas.

Adapun ciri daun nangka yang berkualitas yaitu daun memiliki bentuk sempurna yang tidak cacat dengan ukuran yang baik. Anda bisa memanfaatkan pucuk daun nangka ataupun daun nangka tua yang memiliki ukuran lebih besar. Dan dengan banyaknya kandungan nutrisi pada daun nangka, adapun manfaat dari daun nangka yang belum banyak diketahui orang mungkin juga termasuk anda. Berikut merupakan rincian mengenai manfaat daun nangka.

Manfaat Daun Nangka

  1. Mencegah Diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang berbahaya dan biasanya banyak dialami oleh lansia, untuk mencegahnya anda bisa meminum the daun nangka setiap pagi tanpa campuran gula.

  1. Mencegah Kanker

Daun nangka memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk mencegah kanker.

  1. Mengobati Kanker

Selain dapat mencegah kanker, mengkonsumsi daun nangka setiap hari sebanyak 3 hingga 5 kali dapat membantu proses penyembuhan kanker.

  1. Mencegah Tumor

Tidak hanya kanker yang dapat dicegah berbeda dengan manfaat nangka muda, begitupun tumor dapat dicegah pula dengan daun nangka.

  1. Mengobati Tumor

Adapun cara mengobati tumor dengan air rebusan daun nangka, minumlah air rebusan setiap hari sebanyak 5 hingga 7 kali.

  1. Melancarkan ASI

Bagi anda setelah melahirkan pastinya harus memperhatikan kadar ASI, untuk melancarkan ASI anda bisa mengkonsumsi daun nangka setiap pagi.

  1. Obat Bisul

Adapun cara mengobati bisul yaitu dengan menempelkan tumbukan daun nangka.

  1. Mengobati Luka

Samahalnya dengan cara mengobati bisul, anda tinggal menempelkan tumbukan daun nangka.

  1. Penurun Panas

Untuk menurunkan panas anda bisa meminum air rebusan daun nangka.

  1. Mengobati Borok

Untuk mengobati borok anda bisa mencampurkan tumbukan daun nangka dengan sedikit air dan menempelkannya.

  1. Melancarkan Peredaran Darah

Meminum air rebusan daun nangka setiap pagi juga bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah anda.

  1. Mengatasi Darah Tinggi

Anda juga bisa mengkonsumsi air rebusan daun nangka untuk mengatasi darah tinggi.

  1. Obat Sakit Gigi

Adapun cara mengobati sakit gigi yaitu dengan berkumur air rebusan daun nangka secara teratur.

  1. Mencegah Osteoporosis

Selain mencegah diabetes berbeda dengan manfaat mangga apel, air rebusan daun nangka juga sangat efektif untuk mencegah osteoporosis.

  1. Menguatkan Tulang

Kandungan kalsium pada daun nangka juga sangat bermanfaat untuk menguatkan tulang.

  1. Obat Flu

Untuk mengobati flu anda hanya perlu meminum air rebusan daun nangka yang masih hangat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress spam blocked by CleanTalk.