Manfaat Labu Kuning

Kebanyakan anda pasti sudah mengenal labu kuning. Pasalnya makanan ini kerap menjadi campuran es buah ketika anda menyantapnya saat berbuka puasa. Labu kuning yang biasa dikenal dengan sebutan waluh ini memang memiliki rasa yang unik. Ia kuat dengan rasa khasnya, namun tetap tidak mati ketika dicampurkan ke segala jenis minuman. Anda bisa menyantapnya bersama es buah, kolak waluh, maupun roti dan aneka getuk waluh. Tentu lezat bukan?

Sesungguhnya bukan hanya daging buah saja yang bisa anda petik manfaat dan khasiatnya. Sebab banyak orang juga menyukai biji kuaci yang berasal dari biji buah labu kuning ini.

Kandungan buah labu kuning

manfaat labu kuningKelezatan ini ternyata juga tidak kalah dengan dari kandungannya tiap 100 gr daging buahnya. Siapa sangka, jika nutrisi yang ada dalam buah ini terdiri dari beta karoten, kalori, protein, serta lemak. Bukan hanya itu, sebab masih ada beberapa zat jenis mineral juga termaktup d idalamnya. Salah satunya ada kalsium, fosfor, zat besi, natrium, kalium, tembaga, dan seng.

Selain itu juga ada karbohidrat, membuat kita merasa ‘penuh’ setelah makan kolak waluh atau labu kuning. Untuk itulah jika saat berbuka puasa anda merasa kenyang setelah makan kolak, lalu menunda makan nasi. Beberapa jenis vitamin seperti vitamin A, C, E, K, tiamin, niasin, lutein, zeaxanthin, riboflavin, asam patoneat, B6, folat dan pro vitamin A yang paling mendominasi.

Kandungan nutrisinya yang baik ini membuatnya bermanfaat bagi kesehatan :

1. Merawat dan menyehatkan mata

Kandungan yang paling berperan dalam hal ini adalah vitamin A. Kandungannya sebanyak 426 gram mampu membantu untuk menjaga dan merawat mata. Hal sangat di anjurkan dari dokter sebab mata kita semakin menua, lensa pupil akan semakin keruh. Dengan begitu, mulai dari sekarang untuk menguranginya dengan banyak mengonsumsi vitamin A. Apalagi ada kandungan pro vitamin A yang setiap saat siap di ubah menjadi vitamin A.

2. Melawan radikal bebas

Manfaat labu kuning juga memiliki senyawa anti oksidan. Hal ini sangat berguna untuk menepis atau melawan radikal bebas yang hamper setiap hari menyerang diri anda. Apalagi jika anda adalah tipe orang yang kerap melakukan banyak aktivitas di luar ruangan dan dibawah terik matahari.

3. Tampak awet muda

Makanan yang banyak dicari sekarang ini adalah yang memiliki manfaat menjaga diri anda agar tampak awet muda. Salah satu khasiat vitamin yang banyak membantu dalam hal ini adalah vitamin E. Kandunganya sebesar 0,44 gram cukup membantu anda. Sebab vitamin ini menjaga kekencangan kulit anda.

4. Meminimalisir penyakit degeneratif : Hipertensi

Salah satu jenis penyakit degeneratif yang paling banyak di derita oleh masyarakat Indonesia adalah hipertensi atau darah tinggi. Hal ini kebanyakan menyerang wanita dewasa setelah ia melewati masa menopause. Adanya kandungan kalium mampu mengurangi resiko adanya penyakit ini.

6. Mengatasi sembelit

Sembelit salah satu penyakit yang menyerang organ pencernaan anda, sehingga menjadikan susah buang air besar. Bahkan sampai mengeluarkan darah jika harus BAB. Anda dapat mengobatinya dengan manfaat labu kuning untuk kesehatan ini. Sebab kandungan serat yang ada di dalamya mampu membantu melancarkan proses pencernaan anda.

7. Pertumbuhan tulang dan gigi

Manfaat labu kuning untuk bayi ini juga baik dan cocok untuk anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Sebab terdapat kandungan kalsium dan fosfor. Kedua zat ini jika bekerja sama akan membantu pembentukan tulang dan gigi, serta penguatanya. Itulah mengapa para manula sangat dianjurkan untuk mengonsumsi susu yang banyak mengandung zat kalsium dan fosfor.

8. Baik untuk penderita kanker</stro