Manfaat Mengonsumsi Jeroan Ayam

Sambal ati ampela merupakan salah satu makanan hasil olahan dari jeroan ayam yang cukup digemari di Indonesia. Lihat saja di warung-warung makan dimana lauk ini menjadi salah satu pilihan yang enak dan murah. Ya, jeroan atau isi perut hewan seperti ayam, kambing, dan sapi merupakan bahan makanan yang digemari di Indonesia karena lebih murah dan rasanya enak. Meskipun di negara-negara seperti Amerika konsumsi jeroan bukanlah hal yang umum karena dipandang tidak baik bagi kesehatan. Di sana jeroan hanya dibuang atau dijadikan pakan ternak karena dinilai memiliki kadar kolesterol tinggi dan kemungkinan besar mengandung zat-zat racun terutama organ hati.

Beberapa jeroan ayam yang umum dikonsumsi adalah hati, ampela, dan otak ayam. Jeroan ayam dapat diolah dengan berbagai cara seperti digoreng, disate, atau digulai. Meskipun jeroan ayam dipandang berbahaya bagi kesehatan karena dianggap mengandung kolesterol tinggi dan kemungkinan mengandung zat-zat racun yang berbahaya namun ternyata ada manfaat kesehatan dibalik konsumsi makanan ini. Apa saja manfaat jeroan ayam bagi kesehatan? Berikut beberapa diantaranya:

1. Sumber protein

Jeroan ayam mengandung protein yang cukup tinggi sehingga dapat membantu mencukupkan kebutuhan protein tubuh. Seperti yang diketahui ada banyak manfaat proteinbagi tubuh seperti pemeliharaan sel-sel tubuh, metabolisme yang baik, hingga meningkatkan kekebalan tubuh. Menurut penelitian dalam 3,5 ons jeroan ayam terkandung 30,39 gram protein. Meskipun demikian konsumsi jeroan juga harus diimbangi dengan makanan lain seperti manfaat ikan jelawat, manfaat telur, manfaat teripang laut, dan lain sebagainya agar kebutuhan protein tubuh terpenuhi.

2. Menambah asupan mineral berupa zat besi dan seng

Manfaat jeroan ayam lainnya yang juga penting bagi tubuh adalah sebagai asupan mineral tambahan berupa manfaat zat besi dan manfaat seng. Dalam 3,5 ons jeroan ayam diketahui ada kandungan zat besi sebanyak 3,19 mg dan seng sebanyak 4,43 mg. Zat besi dan seng merupakan salah dua mineral yang diperlukan oleh tubuh untuk menunjang kesehatan dan berbagai fungsi tubuh. Meskipun demikian mengonsumsi jeroan ayam saja tidaklah cukup untuk memenuhi kebutuhan mineral tubuh. Anda tetap perlu mengonsumsi makanan lain seperti manfaat sawi, manfaat daging kambing, dan manfaat belimbing besi untuk mencukupkan kebutuhan zat besi dalam tubuh.

3. Sebagai sumber asupan tambahan vitamin A dan vitamin B12

Tidak hanya mineral jeroam ayam juga mengandung manfaat vitamin A dan manfaat vitamin B12 yang dikenal sangat diperlukan dan bermanfaat bagi kesehatan. Ada kandungan sekitar 1,04 mikrogram vitamin A dan 2,4 mikrogram vitamin B12 yang bisa didapatkan dari konsumsi 3,5 ons jeroan ayam. Meskipun demikian anda tetap harus mengonsumsi buah, sayuran, atau sumber makanan lain untuk mencukupkan kebutuhan vitamin tubuh seperti manfaat wortel dan manfaat tomat untuk vitamin A.

Meskipun ada kandungan nutrisi dan manfaat jeroan ayam bagi kesehatan namun konsumsi makanan ini tidak boleh berlebihan dan harus diimbangi dengan makanan lain seperti sayuran dan buah yang kaya serat sehingga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Selain itu jeroan sebaiknya dihindari oleh orang yang memiliki riwayat kolesterol tinggi dan asam urat karena jeroan mengandung kadar kolesterol dan purin yang tinggi.

Perhatikan juga cara pengolahan jeroan ayam untuk meniminimalisir efek buruknya bagi tubuh. Diantaranya dengan memilih jeroan yang masih segar dan kemudian sebelum diolah sebaiknya jeroan dicuci bersih di bawah air mengalir. Dan yang tidak kalah penting sebaiknya jeroan ayam diolah cara yang tepat dan tidak justru menambah kadar kolesterolnya seperti digoreng atau digulai. Mari perhatikan apa yang kita makan agar kesehatan tubuh selalu terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress spam blocked by CleanTalk.