Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan – Sejak ribuan tahun lalu minyak zaitun telah cukup terkenal memiliki berbagai manfaat dan khasiat untuk kesehatan tubuh manusia dan juga manfaat lainnya seperti kecantikan, bahkan sejak 400 SM, Hipokares, yaitu bapak ilmu pengobatan telah memanfaatkan minyak zaitun ini untuk membuat berbagai resep terapi yang digunakan untuk menyembuhkan pasien-pasiennya.

Minyak Zaitun atau ada juga yang menyebutnya dengan Minyak Olive atau Olive Oil dihasilkan dari buahnya. Kawasan Mediterania, Asia Tengah dan beberapa negara dibagian Afrika merupakan tempat dimana Pohon Zaitun ini kebanyakan tumbuh karena buahnya cocok dengan keadaan iklim hangat dan cahaya matahari yang cukup tinggi.

Khasiat Minyak Zaitun

Kemudian dari pohon zaitun ini menghasilkan buah dan diolah hingga menghasilkan minyak yang mengandung berbagai zat yang bermanfaat. Minyak Zaitun memiliki aroma wangi dan rasa yang sangat khas, sehingga aroma wanginya dapat digunakan untuk aromaterapi, melembabkan kulit, terapi untuk pijat dll. Rasanya yang khas juga sering dimanfaatkan oleh banyak orang untuk penyedap rasa dalam makanan.

Didalam minyak zaitun terkandung lemak tak jentuh tunggal yang bisa menurunkan kolesterol jahat dan juga trigliserida tanpa menghilangkan kolesterol baik. Dari berbagai macam tahapan pengolahannya menghasilkan macam-macam jenis minyak zaitun berdasarkan tingkat kemurniannya.

Manfaat dan Khasiat Minyak Zaitun

Manfaat dan Khasiat Minyak Zaitun

Bagi Anda yang ingin mengatahui berbagai manfaat dari minyak zaitun bisa membacanya di situs hariansehat.com yang menyediakan berbagai informasi kesehatan termasuk manfaat sehat yang terkandung dalam minyak zaitun ini. Bahan alami tradisional ini bisa dijadikan sebagai pilihan untuk berbagai macam kegunaan diantaranya tidak hanya sebagai obat tetapi bisa juga sebagai pengganti margarin dalam memasak, hingga dijadikan sebagai pencuci perabotan dan untuk berbagai macam hal lainnya.

Khasiat Minyak Zaitun untuk Kesehatan

Dari segi kesehatan minyak zaitun memiliki berbagai manfaat dan khasiat yang sangat banyak, beberapa diantaranya sebagai berikut :

1. Kesehatan Jantung
Karena kandungan lemak tak jenuh yang ada didalam minyak zaitun, maka kolesterol jahat yang berada didalam tubuh dapat terkontrol selain itu kolesterol baik (High Density Lipoprotein) HDL dapat meningkat sehingga minyak zaitun dinilai sebagai salahsatu minyak yang paling sehat dan memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan Jantung.

2. Kesehatan Kulit
Biasanya kerusakan sel kulit akan berlangsung dalam waktu tertentu, seiring bertambahnya usia seperti munculnya keriput. ternyata minyak zaitun juga memiliki anti-oksidan yang memiliki khasiat untuk mencegah rusaknya sel kulit sehingga kulit dapat tetap terlihat sehat dan terhindar dari penuaan dini.

3. Kesehatan Rambut
Selain untuk kesehatan jantung dan kulit khasiat minyak zaitun lainnya adalah untuk mengembalikan kelembapan pada rambut sehingga rambut dapat menjadi berkilau kembali, seperti yang kita ketahui bahwa penggunaan berbagai macam produk rambut yang didalamnya mengandung sulfat dapat menghilangkan kelembapan rambut sehingga dengan menggunakan minyak zaitun ini tentu saja akan sangat bermanfaat.

4. Kesehatan dalam Pencernaan
Selain manfaat diatas, minyak zaitun juga bisa dikonsumsi untuk meningkatkan kesehatan pencernaan didalam tubuh sehingga pencernaan dalam tubuh tetap baik.

5. Kesehatan Bibir
Untuk menghindari terjadinya bibir pecah-pecah dan juga kering bisa menggunakan minyak zaitun sebagai bahan alami yang dapat melembapkan bibir sehingga bibir akan nampak tetap sehat.

6. Menurunkan Tekana Darah
Didalam minyak zaitun terdapat kandungan polifenol dan juga oleic acid yang memiliki sifat anti-inflamasi. Minyak zaitun dapat mengurangi Hipertensi dan terbukti dapat menurunkan tekanan darah pada pria ataupun wanita.

7. Kesehatan Tulang
Menurut penelitian di Madrid University, Spanyol yang dilakukan selama 2 tahun mendapatkan temuan bajwa orang rutin mengkonsumsi minyak zaitun memiliki osteocalcin yang lebih tinggi pada tubuhnya jika dibandingkan dengan yang tidak mengkonsumsinya. Dikutip dari Daily Mailbahwa kadar osteocalcin adalah ciri dari kesehatan tulang yang baik. Osteocalcin adalah jenis protein yang dihasilkan oleh sel-sel yang membentuk tulang.

Baca juga : Cara Memutihkan Wajah

Manfaat Minyak Zaitun diatas tentu hanya merupakan sebagian kecil saja, karena masih banyak manfaat minyak zaitun lainnya selain untuk kesehatan, bisa juga untuk kecantikan dari mulai rambut, wajah dan bagian tubuh lainnya.

Manfaat dan Khasiat Minyak Zaitun

Minyak Zaitun tergolong kedalam beberapa kategori apabila dikualifikasikan berdasarkan kemurniannya, yaitu : Extra Virgin Olive OilVirgin Olive OilVino Olive OilPure Olive OilExtractand Refind Olive OilLight and ekstra Light Olive Oil dan Pomance.

Ada beberapa hal penting lainnya yang harus diketahui diantaranya jangan memanaskan minyak zaitun lebih dari titik asapnya karena jika minyak mulai memecah akan menghasilkan rasa yang tidak enak. Titik asap minyak zaitun adalah 210 ºC. Selain itu jika Anda ingin merasakan kualitas terbaik dari minyak zaitun pilihlah yang extra virgin karena masih tergolong lebih murni karena hanya sedikit diolah dan masih mempertahankan lebih banyak nutrisi yang terkandung didalamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Get an awesome sticky message bar!Download