Manfaat Sayur Bendi

Satu lagi jenis sayuran yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan dapat menjadi pilihan konsumsi sehari-hari yaitu sayur bendi. Jika anda merasa bosan dengan menu sayuran yang itu-itu saja maka sayur bendi atau yang dikenal juga dengan okra dapat menjadi pilihan yang tepat. Bagi yang belum tahu, sepintas sayuran ini berbentuk mirip dengan cabai hijau namun permukaannya bertekuk-tekuk dan tidak membulat seperti cabe hijau. Jika dibelah akan terlihat biji-biji kecil di dalamnya seperti pada cabai. Teksturnya mirip terung serta memiliki citarasa renyah dan menyegarkan ketika dikonsumsi. Sayur bendi dapat ditumis, bisa diolah menjadi kari, bahkan digoreng balado.

Tidak hanya lezat sayur bendi juga mengandung berbagai nutrisi yang diperlukan oleh tubuh diantaranya manfaat fosfor, manfaat serat, manfaat protein, manfaat magnesium, manfaat vitamin C, manfaat vitamin A, vitamin B, kalsium, dan folat. Dengan kekayaan nutrisi yang dimilikinya konsumsi sayur bendi sangat dianjurkan karena dapat membawa dampak positif bagi kesehatan. Berikut beberapa diantaranya:

1. Memelihara peredaran darah agar tetap normal dan lancar

Manfaat sayur bendi yang pertama adalah dapat menjaga kelancaran peredaran darah dalam tubuh sehingga distribusi oksigen dan sari makanan ke seluruh tubuh dapat dilakukan dengan baik. Peredaran darah yang tidak lancar dapat mengakibatkan berbagai gangguan kesehatan sehingga konsumsi makanan sehat pelancar aliran darah seperti sayur bendi, manfaat remayung, dan manfaat romanesco sangat dianjurkan.

2. Mencegah sembelit

Konsumsi sayur bendi juga sangat baik untuk pencernaan karena memiliki kandungan serat yang diperlukan oleh tubuh. Dengan pencernaan yang baik akan membuat pemrosesan dan penyerapan sari makanan berjalan dengan baik dan pembuangan sisa pencernaan berupa feses juga berjalan lancar. Anda pun terhindar dari berbagai gangguan pencernaan seperti sembelit atau susah buang air besar.

3. Memelihara kestabilan kadar gula darah

Sayur bendi juga baik dikonsumsi karena tidak menyebabkan peningkatan kadar gula darah secara cepat sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes ataupun oleh orang yang ingin terhindar dari diabetes. Hal ini didukung oleh indeks glikemiknya yang cukup rendah serupa dengan beberapa bahan makanan lainnya seperti manfaat apel untuk diabetes dan manfaat jus lontar.

4. Baik untuk kesehatan hati

Manfaat sayur bendi juga dirasakan oleh organ hati. Salah satu organ vital ini memegang peranan penting dalam tubuh sehingga harus selalu dipelihara kesehatannya. Konsumsi sayur bendi diketahui dapat membantu membersihkan organ hati dari berbagai zat-zat racun, mengatasi penumpukan lemak yang ada di hati, serta mencegah timbulnya berbagai gangguan atau penyakit pada organ hati. Selain sayuran anda juga dapat menggunakan bahan alami lainnya seperti manfaat lemon untuk liver/hati yang sehat dan terhindar dari penyakit.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh

Konsumsi sayur bendi juga sangat baik dalam meningkatkan pertahanan tubuh dari infeksi virus atau bakteri penyebab penyakit. Hal ini didukung oleh kandungan vitamin C-nya yang tinggi sehingga sistem kekebalan tubuh meningkat dan anda pun terlindungi dari infeksi mikroorgansime penyebab penyakit. Tidak hanya sayuran anda juga dapat mengonsumsi berbagai macam buah seperti manfaat jambu klutuk dan manfaat mangga golek untuk mendapatkan kekebalan tubuh yang prima.

6. Mengatasi ambeien atau wasir

Manfaat sayur bendi juga dapat digunaan untuk mengatasi penyakit ambeien atau wasir yang sangat mengganggu kenyamanan. Ini dapat menjadi alternatif tambahan untuk pengobatan ambeien secara alami selain beberapa bahan alami lainnya seperti manfaat daun suji untuk wasir dan manfaat kulit manggis untuk ambeien.

7. Baik untuk kesehatan jantung

Kandungan serat pada sayur bendi dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah sehingga turut berpengaruh positif pada kesehatan jantung. Jantung menjadi sehat dan terhindar dari berbagai penyakit berbahaya seperti stroke dan aterosklerosis. Selain sayuran ada pula manfaat buah-buahan seperti manfaat nanas untuk jantung dan manfaat alpukat untuk jantung.

8. Kaya antioksidan

Sayur bendi juga merupakan salah satu bahan makanan yang kaya akan antioksidan sehingga dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari serangan radikal bebas. Seperti diketahui radikal bebas dapat menyerang sel-sel tubuh sehingga sel-sel tersebut menjadi abnormal dan menyebabkan berbagai penyakit berbahaya.

9. Mencegah penuaan dini

Kandungan antioksidan pada sayur bendi juga dapat mencegah terjadinya penuaan dini sehingga membuat anda tampak awet muda. Meskipun proses penuaan adalah hal yang alami namun radikal bebas dapat menyebabkan penuaan terjadi lebih cepat. Untuk itu dianjurkan mengonsumsi makanan kaya antioksidan seperti sayur bendi, manfaat teh barley, serta manfaat kiwi.

10. Baik untuk kesehatan ginjal

Konsumsi sayur bendi sangat dianjurkan bagi penderita penyakit ginjal karena dapat membantu meringankan penyakit yang diderita. Selain itu konsumsi sayuran ini juga baik dikonsumsi oleh orang sehat karena dapat menurunkan risiko penyakit ginjal. Selain sayur bendi ada banyak bahan alami lainnya yang juga baik untuk kesehatan ginjal seperti manfaat kulit manggis untuk ginjal dan manfaat kunyit untuk ginjal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress spam blocked by CleanTalk.