Manfaat Sayur Bit

Mengingat jenis sayur beraneka ragam berbeda jika anda melihat manfaat air cuka apel untuk wajah, banyak sekali jenis sayur yang memiliki keunikan yang menjadi daya tariknya selain karena rasa dan cara pengolahan yang terbilang sederhana. Salah satu dari sayuran yang unik dan menarik perhatian banyak orang yaitu sayur bit, sayur bit memiliki keunikan pada warnanya. Sebenarnya merupakan salah satu sayuran dengan jenis umbi- umbian, ada dua macam buah bit yang ada di pasaran, yaitu buah bit merah dan ungu.

Warnanya yang merah ataupun ungu mulai dari kulit umbi hingga umbinya membuat banyak orang tertarik dan menjadikannya sebagai bahan olahan makanan dengan berbagai macam acara. Tidak hanya digunakan sebagai bahan olahan makanan saja berbeda dengan manfaat sayur asin, buah bit terkadang bisa dijadikan obat tradisional dan pewarna makanan agar makanan terlihat cantik. Selain itu kandungan gizi yang terdapat dalam buah bit sangat baik untuk kesehatan tubuh anda.

Kandungan Gizi Buah Bit

  • Kalori
  • Serat
  • Antioksidan
  • Karbohidrat
  • Gula
  • Lemak dan Protein
  • Vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B9, C
  • Kalsium
  • Zat besi dan Magnesium
  • Fosfor dan Zink
  • Kalium dan Natrium

Banyaknya zat gizi yang terdapat dalam buah bit, membuat buah ini sangat layak dan baik untuk anda konsumsi. Walaupun begitu, seperti yang anda ketahui bahwa harga buah bit ini sangatlah mahal di banding dengan sayuran lainnya. Walaupun di pasaran sendiri telah banyak orang yang menjual buah bit. Untuk anda yang ingin mengkonsumsi buah bit merah, anda tidak perlu khawatir lagi terhadap harga di pasaran saat ini. Anda bisa mendapatkan buah bit dengan mudah tanpa harus menguras kantong anda.

Caranya sangatlah mudah dan sederhana, anda hanya perlu menanam buah bit merah di pekarangan ataupun di pot. Tidak hanya bisa mengkonsumsinya secara cuma- cuma berbeda jika anda melihat manfaat pare untuk diet, anda juga bisa menjualnya di pasar sehingga anda akan mendapatkan keuntungan yang lebih. Hal ini karena ada banyak sekali manfaat yang bisa anda dapatkan ketika anda secara rutin mengkonsumsi buah bit. Bagi anda yang penasaran dengan apa saja manfaat dari sayur bit, berikut kami sampaikan informasinya.

Manfaat Sayur Bit

  1. Mengatasi Hypertensi

Bagi anda yang memiliki riwayat hypertensi dan sering kambuh, tentunya ini sangat berbahaya bagi anda. Sering kambuhnya hypertensi dapat memicu banyak sekali penyakit lain seperti stroke, jantung hingga beberapa penyakit lain yang dapat memicu kematian. Untuk mengatasinya anda bisa mengkonsumsi jaus sayur bit ataupun dengan mengkonsumsi masakan berbahan dasar sayur bit.

  1. Meningkatkan Stamina

Bagi anda yang memiliki banyak sekali aktivitas, penting bagi anda untuk menjaga stamina agar aktivitas yang anda jalankan dapat berjalan dengan lancar. Namun bagi anda yang sering kekurangan stamina untuk menambah dan menjaga agar stamina anda tetap prima, anda bisa meminum jus sayur bit  setiap pagi sebelum beraktivitas.

  1. Mengatasi Anemia

Jika anda sering merasa lelah, lesu, mudah ngantuk hingga pusing, bisa jadi ini merupakan gejala anemia. Tentunya ini sangat mengganggu aktivitas anda sehari- hari berbeda dengan manfaat jagung rebus untuk diet, untuk mengatasi gejala anemia yang anda rasakan, anda bisa mengkonsumsi jus buah bit saat gejala tersebut mulai anda rasakan.

  1. Menlancarkan Sistem Pencernaan

Untuk anda yang sering mengalami sembelit ataupun susah BAB, anda bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi makanan berbahan dasar buah bit. Kandungan serat pada buah bit mampu melancarkan sistem pencernaan anda sehingga anda tidak akan merasa sembelit ataupun susah BAB.

  1. Membersihkan Ginjal dan Empedu

Sayur bit sangat baik bagi anda yang ingin menjaga kesehatan ginjal dan empedu, hal ini karena sayur bit secara efektif membantu kinerja ginjal dan empedu dengan membersihkan ke dua organ tersebut. Anda bisa mengkonsumsi sayur bit secara berkala untuk menjaga kesehatan ginjal dan empedu anda.

  1. Mengatasi Ketombe

Membersihkan rambut secara rutin merupakan salah satu pencegahan adanya ketombe pada rambut, namun jika ketombe masih ada saja anda bisa menggunakan cara tradisional berikut. Campur sayur bit yang telah dihancurkan dengan madu dan oleskan ke bagian kulit kepala dan rambut. Lalu diamkan selama 15 menit dan bilas menggunakan air hingga bersih, lakukan cara ini setiap 3 hari sekali.

  1. Pewarna Makanan Alami

Warna ungu pada sayur bit dapat dijadikan sebagai pewarna makanan alami berbeda dengan manfaat daun sirsak untuk mengatasi masalah pada kelenjar tiroid, anda bisa menambahkannya dalam beraneka ragam jenis olahan makanan agar terlihat lebih cantik dan menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress spam blocked by CleanTalk.