Manfaat Sayur Terong Hijau

Manfaat Sayur Terong HijauManfaat terong untuk kesehatan yang merupakan tanaman kelompok solanaceae dahulu sempat dianggap sebagai buah yang beracun yang bisa berdampak pada kesehatan saat dikonsumsi, namun setelah melewati berbagai penelitian, ternyata sudah terbukti jika terong sangat aman untuk dikonsumsi. Ada banyak jenis terong yang tersebar di seluruh dunia seperti terong hijau, terong ungu, terong berbentuk bulat dan sebagainya. Salah satu yang sering dimanfaatkan sebagai sayuran di Indonesia selain terong ungu adalah terong hijau. Terong hijau umumnya dikonsumsi dalam keadaan mentah atau diolah menjadi sayuran nikmat. Ada banyak kandungan nutrisi dalam terong hijau yang sangat dibutuhkan oleh tubuh seperti fosfor, zat besi, karbohidrat, serat, kalsium, potasium, energi, niacin, vitamin A, vitamin C dan beberapa nutrisi lainnya. Berikut ini kami berikan beberapa manfaat sayur terong hijau yang bisa anda peroleh saat menyantapnya dengan teratur.

  1. Menurunkan Resiko Diabetes

Dalam terong hijau memiliki sifat sama seperti insulin yang bisa mengurangi risiko diabetessehingga berbagai komplikasi lainnya bisa dicegah. Manfaat ini juga sudah dibuktikan dalam beberapa studi yang dilakukan di negara Asia.

  1. Mengontrol Tekanan Darah

Kegunaan lainnya dari terong hijau adalah bisa mengendalikan tekanan darah. Mengkonsumsi sayur ini terbukti bisa mencegah tekanan darah tinggi yang merupakan penyebab utama dari stroke, serangan jantung dan kondisi lain yang berhubungan dengan tekanan darah tinggi. Semua ini bisa didapatkan karena kandungan potasium dalam terong hijau yang lumayan tinggi.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Salah satu antioksidan dalam terong hijau yakni vitamin C sangat baik dikonsumsi sebagai makanan solusi kecantikan kulit. Terong hijau sangat efektif untuk menghaluskan kulit, melembabkan bahkan melindungi kulit dari kanker kulit serta menyembuhkan jerawat dengan lebih cepat.

  1. Meningkatkan Sistem Pencernaan

Kandungan serat tinggi dalam terong hijau ini merupakan zat yang sangat dibutuhkan untuk melindungi dan melancarkan sistem pencernaan. Dengan mengkonsumsi terong hijau, semua nutrisi yang terdapat dalam makanan bisa diserap dengan baik di dalam tubuh.

  1. Mencegah Kolesterol Tinggi

Terong hijau juga akan merangsang produksi empedu dan juga menurunkan kolesterol tinggi. Namun kolesterol baik atau HDL dalam tubuh tidak akan terpengaruh dan hanya menurunkan kadar kolesterol jahat yang akan langsung berkurang secara otomatis.

  1. Memperbaiki Fungsi Hati

Beberapa orang juga mempercayai jika terong hijau juga bisa meningkatkan fungsi organ hati dan ini menjadi salah satu manfaat terpenting dalam sayuran tersebut. Hati adalah organ terpenting yang bisa memicu fungsi organ lainnya, jika organ hati bisa tetap sehat, maka seluruh fungsi tubuh bisa berjalan dengan baik.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, namun vitamin C dalam terong hijau juga berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga berbagai kuman penyakit bisa dicegah dengan baik.

  1. Mendukung Proses Menurunkan Berat Badan

Karena terong hijau sangat baik untuk sistem pencernaan, maka sayuran ini juga berperan penting dalam proses menurunkan berat badan. Terong hijau mengandung sedikit kalori namun tinggi serat yang akan membuat perut terasa kenyang lebih lama sehingga bisa mencegah anda makan terlalu banyak.

  1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Terong hijau yang merupakan makanan baik untuk mengontrol tekanan darah juga berperan langsung untuk melindungi organ jantung serta meningkatkan fungsi tubuh lainnya karena kandungan serat tinggi di dalamnya.

  1. Mencegah Kanker

Kandungan serat dalam terong hijau juga merupakan sumber antioksidan penting untuk menangkal berbagai jenis penyakit. Kandungan nasunin dan asam chlorogenic dalam terong hijau adalah 2 jenis antioksidan organik yang bisa menghambat radikal bebas karena sifat anti viral dan anti bakteri dalam antioksidan tersebut. Sel sehat dalam tubuh nantinya akan terlindungi dari berbagai penyakit berbahaya seperti jantung dan juga solusi kanker.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Ada berbagai manfaat terong hijau untuk tulang seperti mencegah degradasi tulang serta osteoporosis. Senyawa fenolik dalam terong hijau akan menyehatkan tulang, meningkatkan kepadatan mineral tulang dan juga mencegah osteoporosis. Dalam terong hijau juga mengandung kalsium dan zat besi yang merupakan zat penting untuk menjaga kekuatan tulang secara menyeluruh.

  1. Mencegah Anemia

Kekurangan zat besi tentunya sangat berbahaya untuk tubuh dan bisa menyebabkan anemia. Anemia ditandai dengan munculnya sakit kepala, kelelahan, migrain, depresi dan juga kerusakan kognitif. Mengkonsumsi makanan yang tinggi akan zat besi seperti terong hijau sangat disarankan untuk mengatasi anemia dan juga kaya akan tembaga sebagai komponen penting dalam sel darah merah.

  1. Menjaga Fungsi Otak

Terong hijau merupakan fitonutrien yang sangat luar biasa dan dikenal sebagai penguat aktivitas kognitif serta kesehatan mental. Terong hijau tidak hanya mampu menangkal radikal bebas namun juga meningkatkan aliran darah menuju otak. Dengan semakin banyak aliran darah yang membawa oksigen menuju otak, maka jalur saraf akan dirangsang untuk semakin berkembang dan akhirnya kekuatan ingatan bertambah sekaligus meningkatkan pikiran analitik. Sedangkan kandungan kalium dalam terong hijau bertindak sebagai vasilidator serta booster otak sehingga bisa dikatakan terong hijau adalah makanan otak terbaik.

  1. Mencegah Bayi Terlahir Cacat

Terong hijau juga merupakan sumber asam folat tinggi sehingga sangat baik dikonsumsi wanita hamil. Folat adalah bagian penting yang harus tercukupi selama masa kehamilan sehingga bayi terlindung dari cacat tabung saraf sehingga sangat disarankan dikonsumsi ibu hamil untuk menyehatkan pertumbuhan bayi dalam rahim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress spam blocked by CleanTalk.