Manfaat Susu Campur Kunyit

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Susu merupakan minuman olahan yang memang dikenal dengan kandungan protein dan kalsium nya yang cukup tinggi dan sangat baik dikonsumsi baik di segala umur baik anak kecil hingga manula. Sedangkan kunyit merupakan salah satu tanaman herbal yang seringkali dijadikan sebagai salah satu bumbu pelengkap makanan di dapur. Namun siapa sangka jika kunyit juga memiliki kandungan zat-zat baik yang dapat dijadikan sebagai obat-obat herbal yang mampu mengatasi berbagai penyakit. Kandungan di dalam kunyit antara lain adalah anti inflamasi, anti oksidan, dan zat bermanfaat lainnya. Lalu bagaimana jika minuman susu dicampurkan dengan kunyit? Apa sajakah manfaat yang bisa didapatkan? Berikut ini penjelasan Manfaat Susu Campur Kunyit.

1. Meredakan Nyeri Dan Arthritis

Salah satu manfaat yang bisa anda dapatkan dari campuran susu dan kunyit adalah untuk meredakan nyeri-nyeri yang biasanya terjadi pada beberapa sendi anda. Terutama bagi yang sudah berusia lanjut, tentunya hal ini seringkali menyerang dan membuat anda terganggu. Untuk mengatasi masalah ini anda dapat mengkonsumsi campuran kunyit dan susu untuk mengurangi nyeri sendi, pembengkakan yang diakibatkan dari arthritis serta dapat pula menguatkan tulang-tulang anda.

Untuk membuatnya, terlebih dahulu persiapkan bahan-bahan yang ada antara lain adalah satu gelas susu, 1/4 sendok teh pasta kunyit, 1 sendok teh minyak kelapa organik. Setelah itu anda tinggal mencampur semua bahan-bahan tersebut dan panaskan dengan api sedang, namun jangan sampai mendidih. Setelah itu angkat dan diamkan sebentar hingga cukup dingin. Anda bisa menambahkan madu untuk menambah rasa pada campuran minuman tersebut.

2. Merawat Kesehatan Jantung

Kandungan kurkumin dalam kunyit mampu menurunkan resiko dari perkembangan aterosklerosis dan mencegah penyakit jantung. Selain itu, kandungan kurkumin juga mampu mencegah proses oksidaasi yang dapat membentuk plak yang dapat memicu serangan jantung, stroke, serta kerusakan pembuluh darah. Dengan mengkonsumsi susu dicampur dengan kunyit, maka dapat membantu untuk menurunkan kadar homosistein yang bisa merusak dinding pembuluh darah.

3. Meningkatkan Kualitas Tidur

Bagi anda penderita insomnia atau gangguan sulit tidur, anda dapat mencoba mengkonsumsi susu kunyit ini untuk mengatasi masalag tersebut. Dengan mengkonsumsi susu kunyit sebelum tidur, dapat membantu anda untuk tidur yang lebih nyenyak dan berkualitas. Hal ini dikarenakan di dalam nya terkandung melatonin dan serotonin yang merupakan bahan kimia di dalam otak yang berperan penting dalam membantu siklus tidur.

4. Mengurangi Kram Saat Menstruasi

Bagi kaum wanita yang sering kali mengalami kram saat menstruasi, anda dapat mengatasinya dengan cara mengkonsumsi susu kunyit secara rutin. Hal ini dikarenakan di dalam kunyi terdapat senyawa yang bersifat antispasmodic yang memang bermanfaat untuk mengurangi nyeri atau kram yang sering terjadi pada saat menstruasi.

5. Mencegah Kanker

Kandungan anti oksidan di dalam susu serta kandungan kurkumin yang ada di dalam kunyit dapat melindungi sel-sel tubuh dari efek radikal bebas yang dapat mengakibatkan perkembangan sel kanker di dalam tubuh. Selain itu, senyawa antioksidan juga mampu untuk meningkatkan kerja dari hati, menghambat sintesis protein serta dapat membantu menghancurkan sel-sel kanker yang dapat bermutasi.

6. Melancarkan Sistem Pencernaan

Campuran susu dan kunyit juga dapat membantu melancarkan sistem pencernaan tubuh. Dengan mengkonsumsi susu kunyit secara rutin, dapat membantu mengurangi rasa kembung serta melancarkan pencernaan. Anda dapat mengkonsumsinya ketika menjelang tidur dan anda akan merasakan efeknya di pagi harinya.

7. Detoksifikasi Tubuh

Kunyit memang sudah lama dimanfaatkan untuk membersihkan darah. Kandungan di dalam kunyit mampu meningkatkan sirkulasi darah serta menstimulasi sistem limfatik. Selain itu, kunyit juga sangat membantu kerja hati untuk mendetoksifikasi tubuh anda dari zat-zat yang tidak bermanfaat.

8. Meningkatkan Kerja Otak

Kandungan kurkumin yang ada di dalam kunyit mampu meningkatkan kecerdasan otak serta meningkatkan kemampuan memori dan fungsi otak. Hal ini dapat dibuktikan karena kandungannya mampu meningkatkan faktir Vrain Derived Neurotrophic yang dapat mencegah penyakit-penyakit degenerasi otak seperti depresi hingga alzheimer.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Get an awesome sticky message bar!Download