Manfaat Usus Sapi

Bagi anda yang suka makan masakan padang pasti sudah tidak asing lagi dengan jeroan berupa usus sapi dengan isian telur yang dikenal dengan gulai tambusu. Usus sapi yang kenyal dan panjang diisi dengan kocokan telur berbumbu kemudian direbus hingga mengembang dan digulai. Rasanya sungguh nikmat dan membuat ketagihan. Selain itu usus sapi bisa diolah dengan cara digoreng hingga renyah atau diolah dengan cara lainnya.

Jeroan sapi berupa usus bentuknya memanjang mulai dari lambung hingga ke anus dan berwarna merah kecoklatan. Untuk mendapatkan usus sapi berkualitas anda harus segera membersihkannya setelah disembelih agar tidak terkontaminasi kuman-kuman penyakit. Selain itu bersihkan usus sapi dengan air mengalir hingga benar-benar bersih baik bagian luar maupun dalamnya.

Meskipun ‘hanya’ isi perut atau jeroan sapi serta dikenal tinggi kadar kolesterol dan purin namun usus sapi masih memiliki beberapa kandungan nutrisi penting bagi tubuh seperti manfaat protein, manfaat karbohidrat, manfaat lemak, manfaat fosfor, kalsium, manfaat zat besi, vitamin B1, dan manfaat vitamin A. Oleh karena itu konsumsi jeroan khususnya usus sapi tetap bermanfaat bagi kesehatan selama tidak dikonsumsi secara berlebihan dan diolah dengan cara yang benar. Berikut beberapa manfaat usus sapi bagi kesehatan manusia:

1. Mencegah anemia

Kandungan zat besi pada usus sapi dapat membantu mencegah timbulnya penyakit anemia atau kekurangan sel darah merah. Zat besi dikenal berperan penting dalam pembentukan sel darah merah sehingga amat diperlukan oleh tubuh dalam jumlah cukup. Meskipun usus sapi mengandung zat besi namun tidak dapat dijadikan sumber utama. Harus tetap dibarengi dengan konsumsi makanan lain yang kaya zat besi seperti manfaat belimbing besi, manfaat telur untuk anemia, manfaat kol, serta manfaat daging belut.

2. Baik untuk kesehatan otak

Konsumsi usus ayam ternyata juga berdampak positif bagi kesehatan otak. Hal ini didukung oleh kandungan vitamin B nya dalam hal ini adalah B1 yang berperan penting dalam kecepatan motorik, daya ingat, kesehatan mental, serta fungsi kognitif. Tentu saja konsumsi usus sapi tidaklah cukup anda harus mengonsumsi makanan otak lainnya seperti manfaat kapri biji pipih, manfaat sup lobseter, serta manfaat ikan dori.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat usus sapi yang tidak kalah penting adalah dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga pertahanan tubuh menjadi lebih kuat dan tidak mudah terserang atau terinfeksi penyakit. Karena pada dasarnya di sekitar kita bertebaran berbagai jenis mikroorganisme seperti virus dan bakteri penyebab penyakit sehingga diperlukan kekebalan tubuh yang baik. Namun tentu saja konsumsi usus sapi tidaklah cukup diperlukan asupan makanan lain seperti manfaat remayung, manfaat ikan gindara, serta manfaat buah cupuacu agar kekebalan tubuh tetap terjaga.

4. Baik untuk ibu hamil

Salah satu penyakit yang sering mengintai ibu hamil adalah anemia sehingga diperlukan asupan zat besi yang cukup. Oleh karena itu konsumsi usus sapi baik bagi ibu hamil namun harus diperhatikan agar tidak mengonsumsinya secara berlebihan mengingat kadar kolesterolnya yang tinggi. Beberapa makanan lain yang juga baik dan dianjurkan bagi ibu hamil adalah manfaat kacang hijau, manfaat tauco bagi ibu hamil, serta manfaat timun suri untuk ibu hamil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress spam blocked by CleanTalk.