Mengenal Pelumas yang Bagus

MobilWOW, Jakarta – Pelumas merupakan komponen terpenting bagi sebuah kendaraan. Alangkah baiknya pemilik kendaraan mengetahui lebih dalam mengenai pengaplikasian pelumas kendaraan secara baik dan benar, agar kendaraan pun tetap dalam kondisi prima.

Shoftwatuzakki, Shell Lubricants Technical Advisor Indonesia mengungkapkan, pelumas merupakan hal terpenting bagi sebuah kendaraan. Pemilihan pelumas pun menjadi hal terpenting bagi konsumen, untuk tetap menjaga kendaraannya tetap dalam kondisi terbaik. Konsumen pun setidaknya harus mengetahui tiga pilar penting sebuah pelumas yakni spesifikasi, viskositas (kekentalan), dan kualitas dari pelumas itu sendiri.

Hal yang paling mendasar pertama adalah spesifikasi, dimana pemilik kendaraan setidaknya harus mengetahui secara rinci kebutuhan pelumas yang dibutuhkan bagi kendaraannya sesuai dengan anjuran pabrikan.

“Pemilik kendaraan harus mulai mengerti mengenai tiga hal penting tersebut, karena tiga poin penting ini menjadi acuan bagi pemilik kendaraan sebelum membeli pelumas yang nantinya akan digunakan. Pertama spesifikasi pelumas, viskositas pelumas untuk kendaraan mereka serta kualitas dari pelumas pastinya,” ujar pria yang akrab disapa Zaki tersebut.

Kedua Zaki menambahkan, viskositas yakni kekentalan pelumas yang cocok untuk kendaraan si pemilik kendaraan. Seharusnya pemilik kendaraan membaca buku panduan kendaraan, karena hal ini sangat menentukan tingkat kekentalan atau viskositas yang dibutuhkan oleh kendaraan. Penggunaan viskositas harus tepat dengan spesifikasi yang ditentukan.

Sementara ketiga yakni kualitas, para pengguna kendaraan tentunya harus memastikan kualitas pelumas kendaraan terbaik bagi kendaraan Anda. Karena setiap pelumas yang dipasarkan di Indonesia memiliki standar yang beragam.

Zaki menjelaskan, konsumen harus mengetahui kinerja tertentu dari pelumas yang digunakan untuk menunjukan bahwa pelumas yang Anda gunakan melebihi tingkat kinerja minimal. Seperti pelumas Shell, baik Helix maupun Advance yang mengusung PurePlus Technology yang dirancang untuk melampaui persyaratan OEM dalam banyak aspek.

Sekedar informasi bagi Anda, Shell memiliki pengawasan mutu yang ketat sejak dari bahan baku hingga produk sampai ke tangan konsumen. Shell pun menggunakan teknologi segel “pengaman hologram khusus” di kemasan produk pelumasnya untuk menjamin pelanggan akan keaslian produk yang dibeli. Di kemasan produk pun terdapat QR Code yang terhubung dengan Shell Anti Counterfeit System yang akan langsung memastikan produk pelumas tersebut asli.

Edward Satrio, VP Consumer Brand Helix & Advance PT Shell Indonesia mengungkapkan, “Masih banyak konsumen yang menyerahkan urusan penggantian pelumas kepada mekanik. Kami sarankan agar konsumen memastikan produk yang dibeli dan digunakan untuk kendaraannya adalah asli. Produk pelumas Shell dapat diperoleh di distributor resmi, SPBU Shell, bengkel-bengkel dan toko-toko retail yang terpercaya,” ujarnya.

Dan yang pasti, konsumen harus sangat memperhatikan pelumas, karena penggunaan pelumas palsu dapat mengakibatkan kerusakan mesin kendaraan untuk jangka pendek dan jangka panjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress spam blocked by CleanTalk.