Menghadapi Permasalahan Kebocoran Oli dan Cara Mudah Usir Bercak Jamur Pada Kaca Mobil

Mobil yang telah berumur biasanya mengalami kebocoran, untuk itu setiap pengguna mobil harus mengetahui secara rinci menghadapi permasalahan ini.

mobilwow - Kenali Permasalahan Kebocoran Pelumas di Mesin Mobil Lawas

MobilWOW, Jakarta – Bagi Anda para pengguna mobil lawas di tanah air yang memiliki usia diatas 10 tahun umumnya mengalami masalah pada sektor jantung mekanisnya yang kerap mengalami oli yang berkurang. Biasanya permasalahan ini ditenggarai oleh kebocoran yang terjadi pada mesin, baik itu disebabkan oleh ring piston ataupun komponen lain yang dilalui oleh jalur pelumas.

Nah.. untuk membereskan permasalahan ini alangkah baiknya Anda untuk lebih sering untuk mengecek oli mesin kendaraan dan jika berkurang Anda diharuskan untuk menambahkan oli baru ke dalam mesin.

Shofwatuzzaki, Technical Manager Lubricants PT Shell Indonesia mengungkapkan, bila terjadi kebocoran pada bagian mesin, pemilik mobil harus menambahkan oli baru ke dalam mesin.

“Untuk mobil yang telah berusia diatas 10 tahun, biasa mengalami oli mesin yang berkurang. Cara memecahkan permasalahan ini pun cukup dengan menambahkan oli baru ke mesin,” ungkapnya saat ditemui tim mobilWOW beberapa waktu lalu.

Pria yang akrab disapa Zaki tersebut pun menambahkan bahwa jika mengalami kebocoran pada mesin, pemilik mobil harus tetap menjaga volume pelumas sesuai dengan kebutuhan mesin. Selain itu, pemilik mobil pun harus mengetahui secara detil mengenai pelumas yang benar-benar dibutuhkan oleh mesin.

“Pemilik mobil harus menambahkan pelumas yang sesuai dengan kebutuhan mobil dan harus sama dengan pelumas yang lama. Karena jika berbeda, oli baru dan lama akan terpisah. Hal tersebut bisa menyebabkan endapan pada bagian mesin,” imbuhnya.

Selain itu, Zaki pun membeberkan bahwa dengan cara seperti ini secara logika akan memperpanjang waktu pergantiannya. Namun, karena zat kimia oli baru bercampur dengan oli lama, maka tidak bisa diketahui persis seberapa panjang penambahan waktunya.

Meski begitu, Zaki pun tidak dapat memprediksi jangka waktu untuk pergantian oli selanjutnya. “Daripada menebak-nebak, contoh tambah satu liter itu bisa menambah jarak pemakaian mobil bisa 1.000 kilometer, namun itu tidak bisa signifikan. Namun alangkah baiknya, pemiliki mobil segera melakukan pergantian oli secepatnya,” pungkasnya.

Cara Mudah Usir Bercak Jamur Pada Kaca Mobil

 

mobilwow - Cara Mudah Usir Bercak Jamur Pada Kaca Mobil

Meskipun saat ini khusus DKI Jakarta lebih cendrung panas di siang hari dibandingkan hujan, tapi bagi pemilik mobil tetap harus waspada terhadap serangan jamur di kaca karena jika dibiarkan dapat mempengaruhi pandangan.

mobilwow - Cara Mudah Usir Bercak Jamur Pada Kaca Mobil“Paling sengsara jika kaca depan mobil tidak lagi clear karena adanya bercak-bercak kusam sehingga mengganggu pandangan ke depan, ” kenang Hendri pengemudi Yaris 2006 yang pernah mengalami kesulitan melihat kedepan lantaran wabah jamur di kaca mobilnya.

Menyerahkan proses penjernihan kaca kepada bengkel perawatan mobil adalah cara paling mudah. Namun, kalau  biaya dan waktu menjadi kendala tersendiri bagi Anda. Tenang, berikut ada tips mudah bisa dilakukan sendiri di rumah. Lama pengerjaan tidak lebih dari 25 menit dan biaya yang dikeluarkan lebih murah ketimbang pakai jasa salon mobil dikenakan ongkos sekitar Rp 150 ribu.

Sebelumnya siapkan perlengkapan pendukung seperti produk cairan pembersih kaca saat ini banyak tersedia di pasaran (dijual mulai dari Rp 10 ribu hingga Rp 15 ribu), spon lembut, kain lap bahan katun, serta sarung tangan karet agar tangan tidak iritasi akibat cairan asam mengenai tangan.

mobilwow - Cara Mudah Usir Bercak Jamur Pada Kaca Mobil

Berikut adalah langkah-langkahnya :

  • Tuangkan cairan penjernih secukupnya di atas spon, asal basah saja, jangan sampai berlebihan dan tercecer.
  • Remas spon dengan lembut agar cairan tersebar merata di dalam spon.
  • Dengan hati-hati, usapkan spon ke seluruh kaca depan mobil dengan lembut. Tidak perlu ditekan kuat dan tidak perlu digosok-gosokkan. Proses penjernihan ini bekerja secara chemical.
  • Hindarkan cairan penjernih meluber berlebihan ke body, plastik dan cat mobil. Sebab reaksi kimia yang terjadi dapat mengakibatkan cat body dan plastic cepat rusak.
  • Lalu ambil kain lap dan keringkan kaca mobil dari cairan penjernih.

Proses pembersihan jamur pada kaca mobil pun selesai. Jangan lupa segera cuci spon, kain sarung tangan dengan air bersih. Simpan semua peralatan di tempat aman dan tersembunyi agar tidak terjangkau anak-anak. (Marzuqi Yahya/MW)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress spam blocked by CleanTalk.