Tanya :

Bagaimana supaya kulit kita selalu sehat. terutama kulit wajah wanita, agar selalu terhindar dari berbagai penyakit kulit?

Annisa

Jawab :

Ada cara-cara sederhana yang bisa dilakukan untuk tetap menjaga kulit selalu sehat. Beberapa tips perawatan kulit diantaranya :

  1. Menjaga kulit dari panasa matahari. Jika keluar rumah di siang hari yang terik, lindungi kulit dari sinar matahari secara langsung. Karena paparan sinar matahari secara langsung dalam waktu lama tidak baik untuk kulit. Akan lebih baik jika memakai pelelmbab.
  2. Mandi secara teratur untuk menjaga kebersihan kulit. Minimal mandi dua kali dalam sehari. Hal ini penting untuk membersihkan kotoran yang ada di kulit sehingga kulit tetap bersih dan sehat.
  3. Mencuci muka secara rutin agar kulit wajah selalu terlihat bersih dan alami. Banyaknya aktivitas yang harus dilakukan seringkali membuat kulit menjadi terlihat kotor dan tampak kusam.
  4. Menggunakan handuk khusus untuk membersihkan wajah. Sebaiknya penggunaan handuk dipisahkan antara pembersih wajah dan tubuh. Karena wajah memiliki kulit yang sensitif, dan mudah terkena kuman penyebab penyakit. Hal ini perlu dilakukan untuk menjaga agar kulit wajah tetap steril.
  5. Mengurangi penggunaan obat-obat perawatan kulit yang mengandung bahan kimia. Obat-obat kecantikan memang sering menawarkan kulit yang putih dan bersih secara instan. Namun karena memakai bahan kimia, tak jarang hal tersebut malah akan memberi dampak buruk bagi kesehatan kulit.
  6. Perbanyak mengkonsumsi buah-buahan segar yang kaya akan nutrisi sehingga kulit akan selalu tampak cerah. Hindari pula makanan yang banyak mengandung lemak karena bisa mengganggu kesehatan kulit.
  7. Perbanyak meminum air putih minimal delapan kali sehari. Selain membuat kulit tetap sehat, kebiasaan meminum air putih secara rutin juga dapat membuat tubuh tetap bugar.
  8. Jika mengalami kelainan pada kulit, seperti gatal-gatal, bentol-bentol, atau ada perubahan warna pada kulit hendaknya segera periksa ke dokter. Penggunaan obat kulit yang tidak tepat justru akan memperparah kelainan pada kulit.
Minyak Zaitun